PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI PADA KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Karyawan Bagian Produksi PT Djitoe Tobako Indonesia)


Muhammad Faaiz Pandu Dewanata, 7311417164 (2021) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI PADA KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Karyawan Bagian Produksi PT Djitoe Tobako Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI PADA KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Karyawan Bagian Produksi PT Djitoe Tobako Indonesia)] PDF (PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI PADA KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Karyawan Bagian Produksi PT Djitoe Tobako Indonesia)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang lesu dimasa pandemic Covid-19 rupanya berdampak serius terhadap iklim dunia usaha. Banyak perusahaan harus melakukan upaya perampingan atau konsolidasi lainnya sebagai upaya mereka dalam menghemat keuangan. Dalam upaya melakukan penghematan keuangan, tentu saja perusahaan harus memikirkan dampak yang mungkin timbul terhadap efektifitas dan efisiensi kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komitmen Organisasional dan budaya organisasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja pada karyawan bagian produksi PT Djitoe Tobako Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi PT Djitoe Tobako Indonesia. Sampel yang digunakan berjumlah 150 dengan metode random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi menggunakan analisis jalur (path analysis) melalui software IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Komitmen Organisasional, budaya organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa kepuasan kerja dapat memediasi Komitmen Organisasional dan budaya serta memberikan pengaruh positif dan signifikan pada kinerja. Simpulan dari penelitian ini adalah komitmen organisasional, budaya organisasi dapat meningkatkan kinerja karyawan. kepuasan kerja juga dapat memediasi pengaruh komitmen organisasional dan budaya organisasi terhadap kinerja. Bagi karyawan bagian produksi diharapkan untuk terus melakukan evaluasi kerja, pendekatan, pemberian reward, brainstorming dan menjalin hubungaan interpersonal yang baik. Diharapkan pada penelitian yang akan datang untuk menggunakan ruang lingkup penelitian yang berbeda dan sampel pada unit kerja lainnya agar dapat memperoleh data yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Organisasional, Budaya Organisasi, Kinerja, Kepuasan Kerja.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:02
Last Modified: 16 Dec 2022 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54242

Actions (login required)

View Item View Item