Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu dengan Metode Investigasi Kelompok dan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 10 Tegal Tahun Ajaran 2010/2011


Emy Rofi’ah , 2101407141 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu dengan Metode Investigasi Kelompok dan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 10 Tegal Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu dengan Metode Investigasi Kelompok dan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 10 Tegal Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu dengan Metode Investigasi Kelompok dan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 10 Tegal Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu kompetensi dasar (KD) keterampilan menulis di SMP adalah menulis petunjuk melakukan sesuatu. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 10 Tegal, diketahui bahwa tingkat keterampilan menulis petunjuk melakukan sesuatu siswa kelas VIIIE masih rendah. Hal ini disebabkan oleh faktor guru sebagai fasilitator dan siswa sebagai peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti memberikan solusi pembelajaran dengan menggunakan metode investigasi kelompok dan media video pembelajaran. Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) berapa besar peningkatan keterampilan menulis petunjuk melakukan sesuatu dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIIIE SMP Negeri 10 Tegal setelah mengikuti pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan metode investigasi kelompok dan media video pembelajaran? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) menentukan besaran peningkatan keterampilan menulis petunjuk melakukan sesuatu dan (2) mendeskripsi perubahan perilaku pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 10 Tegal setelah mengikuti pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan metode investigasi kelompok dan media video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa teknik tes dan teknik nontes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data tes dapat diketahui bahwa keterampilan menulis petunjuk melakukan sesuatu siswa kelas VIIIE setelah mengikuti pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan metode investigasi kelompok dan media video pembelajaran terbukti mengalami peningkatan dan mencapai target nilai minimal 75. Hasil tes prasiklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,27 dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,78. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 6,51%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,56. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,78%. Peningkatan keterampilan menulis petunjuk melakukan sesuatu diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah positif. Hal itu dibuktikan dengan semakin aktif dan antusiasnya siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan metode investigasi kelompok dan media video pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dapat memanfaatkan metode investigasi kelompok dan media video pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk membantu proses pembelajaran. Dengan metode tersebut terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis petunjuk melakukan sesuatu; dan (2) peneliti lain dapat melakukan penelitian pengembangan lebih lanjut mengenai keterampilan menulis petunjuk melakukan sesuatu

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, menulis petunjuk melakukan sesuatu, metode investigasi kelompok, media video pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Oct 2011 00:59
Last Modified: 25 Apr 2015 05:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5424

Actions (login required)

View Item View Item