PENENTUAN STRUKTUR GEOLOGI CHANNEL BERDASARKAN DATA SEISMIK 3D PADA LAPANGAN PARIHAKA, CEKUNGAN TARANAKI, NEW ZEALAND MENGGUNAKAN ATRIBUT ENVELOPE


Winda Nailis Sulhah, 4211417027 (2021) PENENTUAN STRUKTUR GEOLOGI CHANNEL BERDASARKAN DATA SEISMIK 3D PADA LAPANGAN PARIHAKA, CEKUNGAN TARANAKI, NEW ZEALAND MENGGUNAKAN ATRIBUT ENVELOPE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211417027 - Winda Nailis Sulhah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Struktur geologi channel berpotensi terdapat cadangan hidrokarbon. Channel merupakan tempat yang mungkin mengandung hidrokarbon. Sebagain besar minyak dan gas terperangkap dalam struktur channel. Penentuan struktur geologi channel pada Lapangan Parihaka dapat dilakukan dengan proses interpretasi data menggunakan atribut seismik. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan struktur geologi channel berdasarkan data seismik 3D pada Lapangan Parihaka, Cekungan Taranaki, New Zealand dengan pengaplikasian atribut envelope yang dikombinasikan dengan atribut spectral decomposition untuk variasi frekuensinya. Nilai frekuensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 Hz, 40 Hz, 45 Hz, 50 Hz, 55 Hz dan 60 Hz. Pengolahan data dilakukan dengan cara interpretasi horizon (picking horizon), pembuatan time structure map, kemudian analisis atribut envelope. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi atribut envelope yang dikombinasikan dengan atribut spectral decomposition berhasil mencitrakan struktur geologi channel dengan jelas pada frekuensi 50 Hz. Peta hasil surface attribute menggunakan envelope berhasil mendeteksi struktur geologi berupa patahan yang ada di sebelah utara dan beberapa struktur elemen channel akibat proses sedimentasi yang menunjukkan zona bright spot seperti body channel, braided channel, meander channel dan sand. Bright spot merupakan zona yang berpotensi terdapat hidrokarbon yang ditandai dengan warna merah muda memiliki nilai amplitudo tinggi . Sedangkan nilai amplitudo rendah ditunjukkan oleh warna biru terdapat pada bagian point bar, channel edge, cut bank dan shale.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur geologi channel, atribut seismik, envelope, spectral decomposition
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:20
Last Modified: 15 Dec 2022 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54230

Actions (login required)

View Item View Item