PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINGKING) DAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) SISWA


Damai Krisworo Widodo, 4201417078 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINGKING) DAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417078 - Damai Krisworo Widodo belum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi pemahaman materi ujian nasional jenjang SMA terjadi penurunan pada tahun ajaran 2014/2015 hingga 2017/2018 dalam materi listrik, magnet, dan fisika inti selanjutnya pada tahun ajaran 2018/2019 terjadi peningkatan namun belum segnifikan dan termasuk rendah, sehingga diperlukan instrumen tes High Order Thinking Skill (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes High Order Thinking Skill (HOTS) materi listrik dinamis untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tingginya khususnya pada kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Instrumen tes HOTS dikembangkan dalam bentuk soal pilihan ganda. Hasil uji validitas oleh ahli memperoleh kategori layak, sedangkan dari uji validitas butir dan uji reliabilitas diperoleh 28 soal valid dengan daya beda 21 baik dan 7 cukup baik, tingkat kesukaran (7 mudah, 15 sedang, dan 6 sulit), serta reliabilitas dengan nilai 0,865. Peneliti berhasil mengembangkan instrumen tes HOTS listrik dinamis yang terdiri dari 35,7% soal C4, 42,8% soal C5, dan 21,5% soal C6. Instrumen ini juga telah disusun sesuai indicator berpikir kriyis dan pemecahan masalah. Instrumen tes HOTS ini juga telah disesuaikan berdasarkan kritik dan saran dari siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen tes High Order thinking Skills (HOTS) materi listrik dinamis yang telah dikembangkan, dinyatakan berkualitas dan dapat digunakan sebagai instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa khususnya pada kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : instrumen tes, High Order Thinking Skills, listrik dinamis.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:12
Last Modified: 15 Dec 2022 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54229

Actions (login required)

View Item View Item