EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMK


Evi Cahyarini, 4201417054 (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417054 - Evi Cahyarini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

iliki tingkat pengangguran tertinggi (TPT) dengan angka 10,42%. Menurut Wibowo (2016) dengan menyiapkan kompetensi soft skills dan hardskills diharapkan siswa dapat bersaing dalam dunia kerja nantinya Dari data tersebut dapat menjadi salah satu acuan untuk meningkatkan pembekalan soft skill siswa dalam hal komunikasi lisan agar dapat membantu siswa bersaing di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran jigsaw berbantuan video terhadap kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar siswa kelas X di SMK IPT Karangpanas. Model penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group design karena kelas sebagai sampel penelitian ini dipilih secara tidak acak (purposive sampling). Lokasi penelitian berada di SMK IPT Karangpanas dengan menggunakan dua kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen penelitian. Uji N-Gain digunakan untuk mengetahui besarnya perbedaan antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran jigsaw dengan berbantuan video pada kelas experimen serta model pembelajaran daring pada kelas kontrol. Sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan Uji Paired T-test untuk variabel hasil belajar kognitif dan Uji Man Whitney untuk variabel kemampuan komunikasi lisan. Hasil yang didapat ialah kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara lisan berada pada tingkat cukup. Selain itu, model pembelajaran kooperatif Jigsaw memberikan pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam berkomunikasi lisan dibuktikan dengan nilai 51,500 pada uji Mann Whitney dan nilai signifikansi statistik sebesar 0,047. Serta, model pembelajaran Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif X SMK IPT Karangpanas ditunjukkan dengan skor N-Gain yang sebesar 0,5308 mengindikasikan jika adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kategori sedang. Selain itu, hasil uji t berpasangan juga menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan ditujukan nilai t hitung sebesar 7,733.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw, Komunikasi Lisan, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 08:11
Last Modified: 14 Dec 2022 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54228

Actions (login required)

View Item View Item