PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING BERBASIS VIRTUAL EXPERIMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINTIFIK DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA


Nida Maulida Rohmahwati, 4201417050 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING BERBASIS VIRTUAL EXPERIMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINTIFIK DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417050 - Nida Maulida Rohmahwati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan perangkat ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran berbasis virtual experiment yang layak digunakan serta menganalisis keefektifan peningkatan kemampuan saintifik dan pemahaman konsep siswa. Perangkat yang dikembangkan adalah RPP dan LKPD, dengan karakteristik materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner menggunakan software phet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD), dengan model one group design. Teknik pengumpulan data menggunakan empat cara, yaitu kajian dokumen, validasi dari ahli, pretest dan posttest, dan angket respon siswa. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan tiga metode, yaitu analisis kelayakan perangkat pembelajaran, analisis peningkatan kemampuan saintifik, dan analisis peningkatan pemahaman konsep siswa. Desain dan draft perangkat pembelajaran dibuat berdasarkan analisis kajian dokumen, selanjutnya dinilai oleh validator menggunakan lembar validasi. Analisis skor lembar validasi RPP menghasilkan rata-rata 2,38 dan 2,5 yang artinya draft RPP layak digunakan. Skor lembar validasi LKPD menghasilkan rata-rata 2,42 dan 2,5 yang artinya draft LKPD layak digunakan. Pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis virtual experiment, pretest dan posttest dilakukan secara synchronous dan asynchronous. Analisis hasil tes menggunakan uji N-gain menunjukkan kemampuan saintifik siswa meningkat sebesar 27,8% sedangkan pemahaman konsep siswa meningkat sebesar 46,8%. Dari hasil angket, siswa merasa cukup puas menggunakan perangkat pembelajaran daring dalam pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: virtual experiment, perangkat pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 08:02
Last Modified: 14 Dec 2022 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54227

Actions (login required)

View Item View Item