Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Menanamkan Nilai-nilai Demokrasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Batang Tahun Pelajaran 2008/2009.


Denny Ari Wibowo, 2009 (2009) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Menanamkan Nilai-nilai Demokrasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Batang Tahun Pelajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Menanamkan Nilai-nilai Demokrasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Batang Tahun Pelajaran 2008/2009.]
Preview
PDF (Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Menanamkan Nilai-nilai Demokrasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Batang Tahun Pelajaran 2008/2009.) - Published Version
Download (27kB) | Preview

Abstract

Denny Ari Wibowo. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Menanamkan Nilai-nilai Demokrasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Batang Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan PKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Nilai-nilai Demokrasi Model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai suatu bentuk belajar kelompok terstruktur memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok kecil dalam memecahkan masalah secara bersama dan diberi kesempatan untuk mendiskusikan masalah, mementukan strategi pemecahannya Langkah-langkah yang dilaksanakan dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD tersebut mengandung nilai-nilai demokrasi. Dari kenyataan tersebut penulis tertarik mengangkat permasalahan tentang : 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, 2) Nilai-nilai demokrasi apasaja yang dapat ditanamkan melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang, dan 3) Kendala-kendala apa yang terjadi dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi menggunakan metode kooperatif tipe STAD pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian kualitatif ini menggunakan subjek siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang. Adapun siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C. Fokus penelitin ini adalah menanamkan nilai-nilai demokrasi pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan upaya penanaman nilai-nilai demokrasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dilakukan dengan enam langkah kegiatan pembelajaran, yaitu : (1), menyampaikan informasi dan memotivasi siswa, (2) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar, (3) menyampaikan tugas kelompok, (4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, (5) diskusi kelas, dan (6) memberikan penghargaan. Nilai-nilai demokrasi yang dapat ditanamkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang diantaranya, yaitu: (1) sikap toleransi atau menghormati adanya perbedaan, (2) kebebasan dalam berpendapat, (3) keterbukaan, (4) kerjasama, (5) kepercayaan diri siswa, dan (6) rasa saling menghargai. Beberapa hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mata pelajaran Pendidikan Kewarganeraraan pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang diantaranya yaitu: 1) Keterbatasan waktu, (2) Kemalasan siswa dalam membaca, (3) kurangnya rasa percaya diri pada siswa, (4) terbatasnya dana, dan (5) rendahnya rasa toleransi atau solidaritas siswa. Mengacu hasil penelitian tersebut, peneliti dapat memberikan saran antara lain : (1) Guru PKn dalam pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD perlu merencanakan waktu pembelajaran dengan cermat dengan memilih salah satu kelompok saja sebagai perwakilan untuk melaksanakan diskusi kelas sehingga sehingga waktu yang tersedia cukup, dan 2) Guru PKn selama pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD perlu melibatkan seluruh siswa dalam kegiatan pembelajan dengan memberikan kesempatan kepada siswa yang belum pernah bertanya atau menjawab pertanyaan saat diskusi kelas, menumbuhkan keberanian siswa untuk tampil di depan, bertindak tegas dan bijaksana terhadap siswa yang melanggar tata tertib sekolah, mengubah kedudukannya yang bersifat diktator, serta membuka diri terhadap perkembangan dan informasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Nilai-nilai Demokrasi
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2011 00:52
Last Modified: 19 Oct 2011 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5422

Actions (login required)

View Item View Item