RANCANG BANGUN PERANGKAT PEMANTAU KONSENTRASI KARBON MONOKSIDA (CO) DI UDARA DENGAN SISTEM INTERNET OF THINGS (IoT) BERBASIS NODEMCU 8266 V3


Ahmad Za’iimul Chanief, 4211414016 (2021) RANCANG BANGUN PERANGKAT PEMANTAU KONSENTRASI KARBON MONOKSIDA (CO) DI UDARA DENGAN SISTEM INTERNET OF THINGS (IoT) BERBASIS NODEMCU 8266 V3. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211414016 - ahmad za'iimul Chanief.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Karbon monoksida (CO) merupakan salah satu gas berbahaya yang seringkali terdapat pada udara bebas. Konsentrasi gas karbon monoksida yang melebihi batas ambang bisa membahayakan kehidupan, terutama pada manusia. Bahkan bisa mengakibatkan kematian. Gas CO yang terhirup oleh manusia akan terikat dengan hemoglobin (Hb) dalam darah membentuk karboksi hemoglobin (HbCO) dan menggantikan posisi oksigen sehingga darah akan kekurangan oksigen. Namun, indera manusia tidak dapat mendeteksi keberadaan gas CO di udara. Untuk itu dibutuhkan suatu perangkat untuk mendeteksi adanya CO di sekitar lingkungan hidup manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat perangkat pemantau konsentrasi gas CO di udara dengan sistem internet of things (IoT) berbasis NodeMCU 8266 v3 di lingkungan Universitas Negeri Semarang. Pemantauan konsentrasi CO menggunakan sensor MQ-7. Data yang dihasilkan oleh sensor MQ-7 kemudian diolah mikrokontroler NodeMCU 8266 v3 untuk ditampilkan pada LCD perangkat dan dikirimkan ke server thingspeak.com. Koneksi internet untuk pengiriman data ke server diperoleh dengan modul Wi-Fi yang tertanam pada mikrokontroler NodeMCU 8266 v3. Hasil pemantauan dapat dilihat melalui LCD yang ada pada perangkat dan melalui situs “thingspeak.com” atau melalui aplikasi mobile “thingview”. Hasil dari penelitian ini berupa perangkat pemantau konsentrasi gas CO di udara yang dapat memantau konsentrasi secara lebih akurat pada rentang konsentrasi 33 ppm hingga 975 ppm dengan rerata kesalahan relatifnya adalah 0.82 %. Hasil ini menunjukkan bahwa perangkat yang telah dibuat dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IoT, Karbon monoksida, NodeMCU 8266 v3
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 06:43
Last Modified: 14 Dec 2022 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54210

Actions (login required)

View Item View Item