PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATERI FLUIDA DINAMIS BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS


Nurul Aasiyah, 4201417049 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATERI FLUIDA DINAMIS BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417049 - Nurul Aasiyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik bahan ajar digital bermuatan karakter pada materi fluida dinamis dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat perkembangan karakter siswa dan tingkat perkembangan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan bahan ajar digital bermuatan karakter yang telah dikembangkan. Metode penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4D menurut Thiagarajan, yang dimodifikasi meliputi define, design, dan development. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap development. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel yaitu siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 4 SMAN 2 Demak. Teknik angket dan tes digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini. Selanjutnya untuk analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan N- gain untuk mengetahui tingkat perkembangan berpikir kritis siswa dan tingkat perkembangan karakter siswa. Hasil penelitian dari validasi expert judgment diperoleh bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan bersifat layak (88, 2 %), mudah dipahami (97, 3%), dan bersifat praktis untuk digunakan oleh siswa (80, 1%). Hal tersebut karena bahan ajar digital bermuatan karakter disusun berdasarkan standar BSNP dan serta aturan penyusunan bahan ajar menurut para pakar yang meliputi aspek kelayakan, keterbacaan, dan kepraktisan. Selanjutnya bahan ajar digital bermuatan karakter yang dikembangkan dapat meningkatkan karakter religius (0,107), rasa ingin tahu (0,140), dan peduli lingkungan (0,128) pada diri siswa dengan tingkat peningkatan gain masih dalam kategori rendah. Hal tersebut karena penelitian karakter hanya dilakukan sekali, padahal sesuai teori yang telah ada untuk penelitian karakter harus dilakukan secara berulang kali dan kontinu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selanjutnya, berdasarkan perhitungan N-gain diketahui bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan skor 0,65 dan masuk dalam kategori peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar digital, fluida dinamis, karakter, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 06:09
Last Modified: 14 Dec 2022 06:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54199

Actions (login required)

View Item View Item