PEMANFAATAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMA N 2 DEMAK SAAT PANDEMI COVID-19
Hammi Nuzula, 4201417048 (2021) PEMANFAATAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMA N 2 DEMAK SAAT PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan e-Learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 SMA N 2 Demak saat pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre�Experiment dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA N 2 Demak pada semester genap tahun 2020/2021. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan MIPA 3 sebanyak 66 orang dengan teknik pengambilan sampelnya berupa purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis data awal berupa uji normalitas dan uji linearitas, serta analisis akhir berupa uji hipotesis, uji regresi linear sederhana, dan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan e-Learning pada pembelajaran daring memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 5,622 > 1,999 dengan nilai signifikan 0,00. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 26,8 % hubungan antara variabel pemanfaatan e-Learning terhadap hasil belajar fisika. Peningkatan hasil belajar melalui pretest dan posttest menggunakan uji N-gain menunjukkan peningkatan 67,8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan e-Learning memiliki pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar fisika peserta didik Kelas X SMA N 2 Demak saat pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Utilization of E-Learning, Learning Outcomes, Covid-19 Pandemic |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 06:04 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 06:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54198 |
Actions (login required)
View Item |