Pembelajaran Fisika Materi Dinamika Rotasi Berbantuan Video Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa di Era Pandemi COVID-19


Melisa Septeanawati, 4201417039 (2021) Pembelajaran Fisika Materi Dinamika Rotasi Berbantuan Video Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa di Era Pandemi COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417039 - Melisa Septeanawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Covid-19 yang telah mewabah hampir di seluruh dunia, mengakibatkan kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring sejak awal tahun 2020. Pelaksanaan pembelajaran daring melibatkan kestabilan jaringan koneksi dan perangkat pembelajaran yang mendukung seperti smartphone, laptop, dan perangkat lainnya. Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting di abad 21. Keterampilan berpikir yang harus dimiliki oleh siswa dalam meningkatkan kualitas lulusan pendidikan, dua diantaranya yaitu keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kritis membentuk kemampuan siswa dalam menalar dan memecahkan masalah, keterampilan berpikir kreatif membentuk kemampuan siswa dalam memunculkan keberagaman ide. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di masa kini dapat mendukung terciptanya variasi pembelajaran agar proses belajar-mengajar menjadi lebih efektif dan interaktif. Video berbasis masalah merupakan media pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Tujuan dari penelitian yaitu untuk menganalisis perkembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa setelah diterapkan pembelajaran fisika materi dinamika rotasi berbantuan video berbasis masalah dan menganalisis pembelajaran fisika berbantuan video berbasis masalah di era pandemi. Metode penelitian ini adalah quasi experimental menggunakan one grup pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas untuk memperkuat hasil penelitian yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali pertemuan di SMA Negeri 2 Kendal menggunakan model problem based learning. Pengambilan data menggunakan metode tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data berupa pretest-posttest, angket, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya beda, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, uji n-gain, dan analisis angket respons. Hasil penelitian pembelajaran fisika berbantuan video berbasis masalah menunjukan keterampilan berpikir,kritis siswa berkembang pada kategori sedang, keterampilan berpikir kreatif siswa berkembang pada kategori sedang, dan memperoleh respons yang baik dari siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Video Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 05:48
Last Modified: 14 Dec 2022 05:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54196

Actions (login required)

View Item View Item