Analisis Konten Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas X Kurikulum 2013 Pokok Bahasan Usaha dan Energi


Adhimas Rengga Ady Kurnia, 4201417033 (2021) Analisis Konten Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas X Kurikulum 2013 Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417033 - Adhimas Rengga Ady Kurnia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks memiliki peran yang penting dalam pembelajaran. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh PISA tahun 2018, kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia berada pada peringkat 71 dari 79 negara peserta PISA 2018. Salah satu penyebab rendahnya nilai literasi sains peserta didik di Indonesia yaitu buku teks sains yang menjadi sumber belajar memuat aspek literasi sains secara tidak seimbang. Permasalahan lain dalam pembelajaran fisika yaitu penyajian materi dalam buku teks. Terdapat dua konsep ilmiah pada pembelajaran fisika yaitu konsep faktual dan abstrak, untuk menghubungkan kedua konsep ini diperlukan suatu analogi. Keberadaan analogi pada buku teks yang beredar dirasa masih kurang, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konten literasi sains pada buku teks fisika SMA kelas X kurikulum 2013 dan karakteristik konten analogi pada buku teks fisika SMA kelas X kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Triangulasi penyidik digunakan untuk mengetahui validitas data yang diperoleh. Subjek penelitian merupakan 2 buku teks fisika SMA kelas X kurikulum 2013 yang paling banyak digunakan di Kabupaten Blora. Aspek muatan literasi sains yang dianalisis berdasarkan ketentuan penilaian yuang digunakan PISA 2018, yaitu aspek konteks, kompetensi, dan pengetahuan sains. Aspek analogi didasarkan pada jenis analogi yang dikemukakan oleh Curtis & Reigeluth (1984) yaitu hubungan analogis, format presentasi, kondisi konten, letak konten, tingkat pengayaan, dan orientasi pra sub-bab. Hasil penelitian menunjukkan buku teks yang dianalisis memiliki aspek literasi sains dengan proporsi yang kurang seimbang dari ketiga aspek yang dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian aspek pengetahuan sains memiliki persentase yaitu 75,75 % pada buku A dan 80,52 % pada buku B. Aspek kompetensi sains memiliki persentase kemunculan sebesar 18,78 % pada buku A dan 18,88 % pada buku B. Aspek konteks sain memiliki persentase kemunculan paling sedikit yaitu 5,45 % pada buku A dan 0,58 % pada buku B. Muatan aspek analogi pada buku teks yang dianalisis hanya terdapat pada buku B. Kemunculan aspek analogi dalam penelitian ini muncul hanya pada satu kalimat saja. Kategori analogi yang muncul yaitu format penyajian, kondisi konten, dan tingkat pengayaan dengan persentase kemunculan berturut-turut adalah 41,67 %, 41,67 %, dan 44,44 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa konten buku teks Fisika SMA kelas X kurikulum 2013 berdasarkan muatan aspek literasi sains masih didominasi salah satu aspek, yaitu aspek pengetahuan sains dan muatan aspek analogi pada buku teks Fisika SMA kelas X kurikulum 2013 masih sangat kurang memuat aspek analogi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, Literasi Sains, Analogi, Analisis Konten, Usaha dan Energi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 05:35
Last Modified: 14 Dec 2022 05:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54194

Actions (login required)

View Item View Item