PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS BERBANTUAN NEARPOD UNTUK MEMFASILITASI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BELAJAR ABAD KE-21


Ishmatul Maula, 4201417026 (2021) PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS BERBANTUAN NEARPOD UNTUK MEMFASILITASI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BELAJAR ABAD KE-21. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417026 - Ishmatul Maula.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Masa pandemi Covid-19 telah mengubah proses pembelajaran yang mulanya dilakukan secara tatap muka menjadi proses pendidikan jarak jauh, kondisi tersebut menyebabkan berbagai kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil wawancara guru fisika SMA Negeri 3 Tegal, didapatkan data 50% peserta didik mengalami kesulitan dalam memberikan alasan hingga menyimpulkan, sehingga pemahaman materi sulit didapatkan dan kemampuan berpikir kritis sulit tercapai. Proses pembelajaran jarak jauh juga menyebabkan guru kesulitan untuk berkomunikasi, mengobservasi, mengukur, hingga menyelenggarakan praktikum. Penggabungan model pembelajaran PBL dan STEM telah banyak diteliti dan terbukti mampu meningkatkan keterampilan belajar Abad ke-21 bagi peserta didik. Nearpod merupakan media pembelajaran daring dengan berbagai kelengkapan yang dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan implementasi pembelajaran fisika berbasis STEM dengan media Nearpod pada materi gelombang bunyi serta menganalisis perkembangan keterampilan belajar Abad ke-21 peserta didik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design menggunakan One�Group Pre test Post test, Sampel penelitian peserta didik XI MIPA 2 SMA Negeri 3 Tegal berjumlah 34 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive sampling. Metode pengumpulan data keterampilan berpikir kritis dan kreatif melalui hasil tertulis pre test dan post test, keterampilan komunikasi dan kolaborasi dengan metode observasi oleh observer. Penerapan pembelajaran fisika berbasis STEM berbantuan Nearpod berjalan dengan baik, efektif dan menarik. Keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran mengalami peningkatan berkategori sedang (N-Gain : 0.36). Keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah pembelajaran mengalami peningkatan berkategori sedang (N�Gain : 0.41). Keterampilan komunikas tulis (10.17) peserta didik lebih menonjol dibandingkan komunikasi lisan (9.14). Keterampilan bertanggung jawab dalam kolaborasi lebih menonjol dibandingkan indikator keterampilan berkontribusi dalam membuat kesepakatan untuk tujuan bersama. Berdasarkan penelitian ini diharapkan pembelajaran berberbasis STEM dapat diterapkan sebagai inovasi dalam proses pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran fisika, STEM, Keterampilan belajar Abad ke-21, Nearpod
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 05:31
Last Modified: 14 Dec 2022 05:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54193

Actions (login required)

View Item View Item