PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI PEMBELAJARAN MANDIRI BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA MATA KULIAH ILMU PENGETAHUAN BUMI DAN ANTARIKSA


Siti Aulia Rohmawati, 4201417012 (2021) PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI PEMBELAJARAN MANDIRI BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA MATA KULIAH ILMU PENGETAHUAN BUMI DAN ANTARIKSA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417012 - Siti Aulia Rohmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan Google Classroom, untuk mengetahui pembelajaran mandiri melalui Google Classroom dan untuk mengetahui keefektifan pemanfaatan Google Classroom sebagai pembelajaran mandiri mahasiswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Bumi dan antariksa. Penelitan ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket. Untuk validasi angket dilakukan oleh 2 Dosen Jurusan Fisika UNNES. Dan uji validitas dan reliabilitas sebanyak 30 responden dari mahasiswa Pendidikan Fisika UNNES dan analisis menggunakan rumus statistik yaitu rata-rata (mean). Dari hasil penelitian Pemanfaatan Google Classroom bagi mahasiswa Pendidikan Fisika Unnes pada perkuliahan Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa yaitu Google Classroom sebagai kelas pengganti perkuliahan didapatkan nilai rata-rata 3,86 dari skala 5 atau sekitar 77,2%, Google Classroom dapat digunakan sebagai media diskusi didapatkan nilai rata-rata 4,06 dari skala 5 atau sekitar 81,2%, Google Classroom mempermudah memperoleh informasi terkait materi pembelajaran didapatkan nilai rata-rata 3,83 dari skala 5 atau sekitar 76,6%, Google Classroom mempermudah mengetahui tugas didapatkan nilai rata-rata 4,57 dari skala 5 atau sekitar 91,4%, Google Classroom mempermudah pengumpulan tugas didapatkan nilai rata-rata 4,66 dari skala 5 atau sekitar 93,2%, Pembelajaran mandiri melalui Google Classroom didapatkan nilai rata-rata 3,99 dari skala 5 atau sekitar 79,8%, Keefektifan pemanfaatan Google Classroom sebagai pembelajaran mandiri mahasiswa didapatkan nilai rata-rata 4,16 dari skala 5 atau sekitar 83,2%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Pembelajaran Mandiri, Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa
Subjects: L Education > L Education (General) > learning style
L Education > LB Theory and practice of education > Distance Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 05:18
Last Modified: 14 Dec 2022 05:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54191

Actions (login required)

View Item View Item