ANALISIS PENERAPAN PENILAIAN HARIAN TERPROGRAM BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM SECARA DARING PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI ERA PANDEMI


Dina Jesica, 4201417003 (2021) ANALISIS PENERAPAN PENILAIAN HARIAN TERPROGRAM BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM SECARA DARING PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI ERA PANDEMI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417003 - Dina Jesica.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan baru oleh KEMENDIKBUD reformasi pada sistem Ujian Nasional digantikan dengan sistem AKM. Komponen penting yang perlu diukur pada Asesmen Kompetensi Minimum adalah literasi membaca dan numerasi yang harus dicapai peserta didik dalam belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan Penilaian Harian Terprogram berbasis AKM secara daring pada mata pelajaran fisika, mengidentifikasi kendala dalam penerapan Penilaian Harian Terprogram berbasis AKM secara daring pada mata pelajaran fisika, dan mengetahui profil literasi membaca dan numerasi peserta didik dari Penilaian Harian Terprogram berbasis AKM secara daring pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik XI IPA 1 SMA Negeri 1 Payung menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penerapan Penilaian Harian Terprogram berbasis Asesmen Kompetensi dilakasakan melalui beberapa tahapan yaitu perencaan, pelaksanaan, dan pengolahan data. Adapun kendala yang dialami pada saat penerapan Penilaian Harian Terprogram dilihat dari dua sudut pandang yaitu dari peneliti sebagai pendidik dan peserta didik. Peneliti mengalami kendala pada pengelolaan pengawasan proses pembelajaran dan penilaian yang kurang optimal dan menyeluruh. Sedangkan kendala yang dialami peserta didik adalah pemahaman materi yang kurang maksimal dan juga belum terbiasa mengerjakan soal-soal berbasis AKM. Tingkat kemampuan literasi membaca dan numerasi peserta didik diukur dengan memberikan tes Asesmen Kompetensi Minimum pada kegiatan Penilaian Harian Terprogram yang dilaksanakan sebanyak 3 kali dengan materi yang berbeda-beda berjumlah 10 soal setiap materi. Materi yang digunakan pada penelitain ini adalah hukum Newton, usaha dan energi, serta momentum dan impuls. Hasil penelitian yaitu literasi membaca dan numerasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Payung berada pada kriteria tinggi, dengan persentase peserta didik lebih dominan pada kriteria tinggi berturut-turut yaitu 52.3% dan 34.5%, dengan ini menunjukkan sebagian besar peserta didik sudah mampu menyelesaikan soal-soal beraspek literasi membaca dan numerasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Penilaian, Asesmen Kompetensi Minimum
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Regulation
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:44
Last Modified: 14 Dec 2022 04:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54189

Actions (login required)

View Item View Item