IMPLEMENTASI,MODEL,PEMBELAJARAN,PROBLEM BASED LEARNING UNTUK,MENINGKATKAN,KEMAMPUAN BERARGUMENTASI,DAN HASIL,BELAJAR,SISWA


G. Aulia Genurizat, 4201416088 (2021) IMPLEMENTASI,MODEL,PEMBELAJARAN,PROBLEM BASED LEARNING UNTUK,MENINGKATKAN,KEMAMPUAN BERARGUMENTASI,DAN HASIL,BELAJAR,SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201416088 - G Aulia Genurizati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berargumentasi siswa pada abad ke-21 jika ditinjau dari penguasaan konsep fisika masih tergolong sangat rendah. Kurangnya penguasaan konsep juga berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Leaning. Indikator kemampuan berargumentasi siswa meliputi claim, data, warrant, dan backing. Penelitian ini menggunakan penelitian kuntitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu true experimental design. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest- posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil tes tertulis yang terdiri dari pretest dan posttest sejumlah 5 soal. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI mipa 6 dan XI mipa 7 SMA Negeri 1 Larangan. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Prosedur penelitian ini dikerjakan dengan melakukan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest, posttest yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Rata- rata kemampuan berargumentasi pada kelas eksperimen berkriteria “baik” dengan presentase 76% dan hasil belajar siswa berkriteria “baik” dengan presentase 82%. Level keargumentasian siswa pada penelitian ini berpedoman pada konsep menurut Toulmin. pembelajaran fisika dalam mengembangkan kemampuan berargumentasi dan pemahaman konsep siswa dapat dilakukan dengan pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa dengan pemahaman konsep yang baik. baik kemampuan berargumentasi maupun hasil belajar kognitif siswa akan memiliki peningkatan yang signifikan apabila memiliki model pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pemeblajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Argumentasi, Hasil Belajar, Global Warming.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:39
Last Modified: 14 Dec 2022 04:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54188

Actions (login required)

View Item View Item