PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA


Mutiara Syafika Uyun, 4201416039 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201416039 - Mutiara Syafika Uyun.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum 2013 diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia memprioritaskan keaktifan siswa. Namun kenyataan di lapangan, keaktifan siswa sulit diprioritaskan dalam kegiatan pembelajaran dikarenakan pendidik kesulitan dalam mengelola waktu yang terbatas dan tuntutan materi yang padat. Dampaknya pembelajaran berpusat pada guru masih terus berlangsung di beberapa sekolah. Hal ini menyebabkan kemandirian belajar siswa rendah dan berpengaruh buruk pula pada hasil belajar siswa. Kemandirian belajar siswa akan meningkat apabila didukung dengan bahan ajar yang sesuai salah satunya yaitu modul pembelajaran fisika berbasis STEAM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran yang dikembangkan, keterbacaan modul, penggunaan modul pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa, serta respons siswa terhadap modul tersebut. Kelayakan modul diukur dari hasil pengisian angket oleh validator dan angket keterbacaan oleh siswa. Peningkatan kemandirian belajar diketahui dari hasil angket sebelum dan sesudah menggunakan modul. Peningkatan pemahaman konsep dilihat dari hasil pre test dan post test siswa. Respons siswa diketahui dari hasil analisis data angket respons siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Langkah-langkah pengembangan yang dilaksanakan terdiri dari sepuluh langkah, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi II produk, dan Produk jadi. Desain uji coba skala besar menggunakan One-Group Pre-test and Posttest. Tahap uji coba dilaksanakan di SMA N 4 Tegal dengan responsden siswa kelas XI tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis STEAM. Kelayakan modul oleh validator sebesar 92% sangat layak. Keterbacaan bagi siswa 79% mudah dipahami. Kemandirian belajar meningkat dengan perolehan skor N-Gain 0,32 termasuk kriteria sedang. Pemahaman konsep siswa meningkat dengan perolehan skor N-Gain 0,22 termasuk kriteria rendah. Respons siswa terhadap modul pembelajaran berbasis STEAM diperoleh nilai 83% termasuk dalam kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, STEAM, Kemandirian belajar, Pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Interest to Learn
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:06
Last Modified: 14 Dec 2022 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54187

Actions (login required)

View Item View Item