PENERAPAN PENDEKATAN STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA JURUSAN TKRO SMK NEGERI 1 KERSANA


Cucu Edit Purnama, 4201416032 (2021) PENERAPAN PENDEKATAN STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA JURUSAN TKRO SMK NEGERI 1 KERSANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201416032 - Cucu Edit Purnama.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan satuan pendidikan kejuruan tingkat menengah yang berorientasi membekali peserta didik untuk bersaing didunia kerja . Mata pelajaran fisika sebagai ilmu dasar dalam berbagai perkembangan teknologi memiliki peran besar untuk menunjang kemampuan siswa untuk mengaplikasikan pada bidang keahliannya. Mengacu pada hal tersebut, sangat penting bagi siswa SMK untuk mampu memahami konsep dari materi yang dipelajari dan memiliki motivasi belajar yang baik dalam pembelajaran fisika. Pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siwa di SMK ialah pembelajaran berbasis STEM. Pembelajaran berbasis STEM pada penelitian ini diterapkan pada materi gerak lurus. Tujuan dari penelitin ini untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa SMK pada mata pelajaran fisika. Penelitian dilakukan di SMK N 1 Kersana pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan Posttest Only Control Group Design. Penelitian berlangsung selama dua pertemuan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Proses penelitian dilakukan dengan menggunakan dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil melalui teknik purposive sampling. Kelas X TKRO A menjadi kelas eksperimen, dan kelas X TKRO B menjadi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini di antaranya adalah uji validitas, uji reliabelitas, uji normalitas, uji daya beda, uji homogenitas, uji tingkat kesukaran, uji beda rata-rata, serta uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran fisika mengalami peningkatan dan termasuk ke dalam kriteria baik setelah diterapkan pembelajaran berbasis STEM. Motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran fisika juga mengalami peningkatan dan termasuk kedalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa penerapan pendekatan STEM pada proses pembelajaran fisika di SMK mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : STEM, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar Siswa, Fisika SMK
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:42
Last Modified: 14 Dec 2022 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54185

Actions (login required)

View Item View Item