PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, DAN CORPORATE LIFE CYCLE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan dalam Indeks LQ45 Periode Tahun 2015-2019)


Mia Andy Tamara, 7311417151 (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, DAN CORPORATE LIFE CYCLE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan dalam Indeks LQ45 Periode Tahun 2015-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, DAN CORPORATE LIFE CYCLE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan dalam Indeks LQ45 Periode Tahun 2015-2019)] PDF (PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, DAN CORPORATE LIFE CYCLE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan dalam Indeks LQ45 Periode Tahun 2015-2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemegang saham umumnya mengharapkan pembayaran dividen yang relatif stabil, karena dapat menambah kepercayaan dari investor untuk berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, investment opportunity set, dan corporate life cycle terhadap kebijakan dividen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam Indeks LQ45 periode tahun 2015-2019. Sampel yang digunakan menggunakan motede purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, penentuan model estimasi data panel, regresi linier berganda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eviews 9. Hasil uji model menunjukkan bahwa estimasi data panel terbaik adalah common effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan, likuiditas berpengaruh negatif tidak signifikan, leverage berpengaruh negatif signifikan, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan, investment opportunity set berpengaruh positif signifikan, dan corporate life cycle negatif tidak signifikan. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen pada perusahaan dalam Indeks LQ45 yaitu, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan investment opportunity set. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu melakukan pengujian terkait kebijakan dividen dengan tahap perusahan yang berbeda, serta menambah variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi kebijakan dividen dan menggunakan sektor perusahaan yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Investment Opportunity Set, Corporate Life Cycle
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:33
Last Modified: 14 Dec 2022 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54184

Actions (login required)

View Item View Item