PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL BERBASIS GAMIFIKASI BADGE DALAM MOODLE PADA MATERI GERAK LURUS


Himmah Nabiila Firdaus, 4201416024 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL BERBASIS GAMIFIKASI BADGE DALAM MOODLE PADA MATERI GERAK LURUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201416024 - Himmah Nabiila Firdaus.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam evaluasi pembelajaran berbasis e-learning yaitu kurangnya motivasi siswa dan kurang interaktif dalam penilaian pembelajaran. Metode yang dapat diterapkan dalam evaluasi pembelajaran yang interaktif yaitu metode gamifikasi. Metode gamifikasi menerapkan elemen-elemen yang terdapat dalam sebuah game atau video game yang bertujuan untuk memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik instrumen soal berbasis gamifikasi badge dalam Moodle serta kualitas instrumen soal berbasis badge dalam Moodle pada pokok bahasan gerak lurus. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan metode pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) analisis konsep, (3) perancangan media, (4) penyusunan instrumen soal, (5) validasi ahli, (6) uji coba skala kecil, serta (7) uji coba skala luas. Instrumen soal yang dikembangkan berbasis website dengan menggunakan Gnomio Moodle berjumlah 20 butir soal. Hasil penelitian yang didapatkan adalah validitas instrumen mendapatkan skor validitas Aiken’s V dengan rata-rata 0,88 yang melebihi batas minimal yaitu 0,87 sehingga dinyatakan valid. Validitas ahli media mendapatkan skor 84,75% dengan kategorisangat baik. Reliabilitas 0,819 dengan kategori tinggi. Tingkat kesukaran butir soal 0,663 dengan kategori sedang dan daya beda butir soal rata-rata 0,387 dengan kategori cukup. Terdapat hubungan antara skor tes yang menggunakan gamifikasi dan tes tanpa gamifikasi secara positif dengan nilai korelasi rhitung sebesar 0,8964. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang kuat, jika skor tes menggunakan gamifikasi tinggi maka skor tes tanpa gamifikasi juga tinggi, jika skor tes menggunakan gamifikasi rendah maka skor tes tanpa gamifikasi juga rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Instrumen soal, Gamifikasi, Gerak Lurus
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:32
Last Modified: 14 Dec 2022 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54183

Actions (login required)

View Item View Item