PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS Q-SETS (QUANTUM LEARNING-SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK


Dewi Alfiyah, 4201416004 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS Q-SETS (QUANTUM LEARNING-SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201416004 - Dewi Alfiyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat berlangsung dengan baik jika didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, salah satunya adalah dengan pengadaan sumber belajar. Sumber belajar yang banyak digunakan oleh pendidik untuk mendukung proses kegiatan pembelajaran yaitu bahan ajar. Bahan ajar fisika yang baik adalah bahan ajar yang menyajikan konsep-konsep fisika yang dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik serta dapat menarik peserta didik untuk membaca dan mempelajari fisika. Namun, penerapannya saat ini belum dapat berjalan dengan sempurna. Bahan ajar fisika berbasis Q-SETS bermuatan karakter menyajikan materi yang berkaitan dengan aspek pembelajaran kuantum, sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat serta nilai-nilai karakter sehingga dapat mendorong minat peserta didik untuk belajar fisika. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran kuantum yang diintegrasikan dengan visi SETS dapat menumbuhkan pemahaman peserta didik mengenai manfaat mempelajari suatu hal dan melalui penyajian materi yang dikaitkan dengan kehidupan nyata sehingga sehingga peserta didik memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pengetahuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik, tingkat kelayakan, tingkat keterbacaan, dan tingkat kepraktisan bahan ajar, serta menganalis peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik kelas X RPL 2 dan X MM 3 SMK Negeri 8 Semarang. Karakteristik bahan ajar yang dikembangkan berisi materi medan elektromagnetik yang dikaitkan dengan aspek-aspek Q-SETS dan nilai-nilai karakter. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dengan persentase skor 91,93%. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria mudah dipahami dengan persentase skor 75,40%. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria baik dengan persentase skor 78,87%. Hasil uji minat belajar menunjukkan peningkatan minat belajar peserta didik termasuk dalam kriteria sedang dengan N-gain sebesar 0,35.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, pembelajaran kuantum, SETS, karakter, minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Education Management
L Education > L Education (General) > Interest to Learn
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:26
Last Modified: 14 Dec 2022 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54182

Actions (login required)

View Item View Item