PENGARUH KONEKSI POLITIK, GRUP AFILIASI BISNIS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DI NEGARA BERKEMBANG (Studi pada Perusahaan Manufaktur dan Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015- 2019)


Dini Nur Fadillah Nugraheni, 7311417149 (2021) PENGARUH KONEKSI POLITIK, GRUP AFILIASI BISNIS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DI NEGARA BERKEMBANG (Studi pada Perusahaan Manufaktur dan Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015- 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KONEKSI POLITIK, GRUP AFILIASI BISNIS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DI NEGARA BERKEMBANG (Studi pada Perusahaan Manufaktur dan Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015- 2019)] PDF (PENGARUH KONEKSI POLITIK, GRUP AFILIASI BISNIS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DI NEGARA BERKEMBANG (Studi pada Perusahaan Manufaktur dan Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015- 2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja perusahaan merupakan prestasi kerja yang diperoleh perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan para stakeholdernya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penilaian terhadap faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Koneksi Politik, Grup Afiliasi Bisnis dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan (ROA). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan sub sektor Manufaktur dan Infrastruktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga menghasilkan sampel sebanyak 124 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang diolah dengan menggunakan software Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koneksi politik (DPC) berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan, grup afiliasi bisnis (DBUS_GROUP) berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan, dan ukuran perusahaan (SIZE) berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Maka, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan kinerja perusahaan dipengaruhi oleh koneksi politik, grup afiliasi bisnis dan ukuran perusahaan. Bagi penelitian selanjutnya, sebaiknya mengganti atau menambahkan variabel dependen yaitu kinerja perusahaan dari sisi pasar (Tobins-Q).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Perusahaan, ROA, Koneksi Politik, Grup Afiliasi Bisnis, Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:28
Last Modified: 14 Dec 2022 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54181

Actions (login required)

View Item View Item