PENGEMBANGAN GAME EDUKASI GEMA BERISI LATIHAN SOAL PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK PESERTA DIDIK TINGKAT SMP


Laurentius Mahendra Christian, 4201415062 (2021) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI GEMA BERISI LATIHAN SOAL PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK PESERTA DIDIK TINGKAT SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415062 - laurentius mahendra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, kita berada di era yang sangat dekat dengan teknologi komunikasi dan informasi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak yang besar pada semua bidang kehidupan manusia dan bidang pendidikan adalah salah satunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa game edukasi dan mengetahui kelayakan media pembelajaran game edukasi pada pokok bahasan Getaran dan Gelombang yang telah dikembangkan. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan yaitu model pengembangan ADDIE yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini hanya sampai tahap development dikarenakan situasi masih dalam masa pandemi. Produk media pembelajaran yang dihasilkan kemudian diujikan kepada 2 kelompok responden yaitu responen ahli dan responden non ahli. Responden ahli terdiri dari ahli media dan ahli materi dan responden non ahli adalah peserta didik kelas VIII yang menempuh mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam semester genap tahun 2020/2021. Metode pengambilan data yang digunakan adalah skala likert untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Skala likert diterapkan ke dalam 3 aspek sesuai pendapat Wahono yaitu aspek rekayasa perangkat lunak, aspek komunikasi visual, dan aspek desain pembelajaran. Dari hasil pengolahan data dalam uji kelayakan media pembelajaran secara keseluruhan diperoleh nilai persentase sebesar 97%. Yang berkesimpulan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, ADDIE method
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Interactive Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:17
Last Modified: 14 Dec 2022 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54179

Actions (login required)

View Item View Item