ANALISIS PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN HEDONIC SHOPPING VALUE DAN EMOTIONAL RESPONSE SEBAGAI INTERVENING (Studi Pada Konsumen Mal Taman Sari Salatiga (Ramayana Department Store))


Nydia Afsun Hartina, 7311417147 (2021) ANALISIS PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN HEDONIC SHOPPING VALUE DAN EMOTIONAL RESPONSE SEBAGAI INTERVENING (Studi Pada Konsumen Mal Taman Sari Salatiga (Ramayana Department Store)). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN HEDONIC SHOPPING VALUE DAN EMOTIONAL RESPONSE SEBAGAI INTERVENING (Studi Pada Konsumen Mal Taman Sari Salatiga (Ramayana Department Store))] PDF (ANALISIS PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN HEDONIC SHOPPING VALUE DAN EMOTIONAL RESPONSE SEBAGAI INTERVENING (Studi Pada Konsumen Mal Taman Sari Salatiga (Ramayana Department Store))) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Untuk meningkatkan pendapatan, berkembang dan menguasai pasar, retailer dapat memanfaatkan impulse buying. Impulse buying menjadi perilaku konsumen yang menarik untuk retailer karena menjadi pangsa pasar terbesar pasar modern. Price discount sebagai stimulus eksternal diberikan retailer untuk mempengaruhi konsumen melakukan impulse buying. Selain dipengaruhi faktor eksternal, impulse buying juga dipengaruhi faktor internal diantaranya hedonic shopping value dan emotional response yang kemunculannya dapat dipengaruhi oleh price discount. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh price discount terhadap impulse buying melalui hedonic shopping value dan emotional response sebagai intervening. Populasi dalam penelitian ini yaitu Konsumen Mal Taman Sari Salatiga (Ramayana Department Store). Jumlah sampel dihitung menggunakan rumus iterasi dan diperoleh hasil berjumlah 100 responden, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunkan teknik incidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi dengan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa price discount tidak berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, hedonic shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, emotional response berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap hedonic shopping value, price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional response. Pada pengujian tidak langsung price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying melalui hedonic shopping value dan price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying melalui emotional response. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan price discount tidak berpengaruh langsung terhadap impulse buying, hedonic shopping value dan emotional response mampu memediasi pengaruh price discount terhadap impulse buying. Saran untuk Mal Taman Sari Salatiga agar memanfaatkan dan meningkatkan hedonic shopping value dan emotional response konsumen dengan memperbanyak price discount, memperhatikan penataan display product, memperhatikan suasana toko, dan meningkatkan pelayanan. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu menambahkan variabel lain seperti store atmosphere, visual merchandising, dan faktor situasional yang dapat mempengaruhi impulse buying, hedonic shopping value, dan emotional response.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Price Discount, Hedonic Shopping Value, Emotional Response, Impulse Buying
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:14
Last Modified: 14 Dec 2022 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54176

Actions (login required)

View Item View Item