ANALISIS SENTIMEN PADA DATA REVIEW PRODUK DI PLATFORM LAZADA MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE DAN NAÏVE BAYES


Bintang Bhakti Ramadhan Miftah, 4112318025 (2021) ANALISIS SENTIMEN PADA DATA REVIEW PRODUK DI PLATFORM LAZADA MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE DAN NAÏVE BAYES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112318025 - Bintang Bhakti Ramadhan Miftah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan internet tidak hanya terbatas pada pemanfaatan informasi yang dapat diakses melalui media ini, melainkan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan transaksi perdagangan yang sekarang di Indonesia telah mulai diperkenalkan melalui beberapa seminar dan telah mulai penggunaannya oleh beberapa perusahaan yaitu electronic commerce atau yang lebih dikenal dengan e�commerce. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai Analisis Sentimen pada Data Review Produk di Platform Lazada Menggunakan Metode Decision Tree dan Naïve Bayes. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum data review produk, mengetahui klasifikasi dan akurasi data dengan menggunakan metode Decision Tree dan Naïve Bayes, mendapatkan informasi dalam analisis klasifikasi, dan mengetahui visualisasi data dari hasil klasifikasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi berupa data sekunder. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dan informasi melalui pengumpulan data yang diperoleh dari situs Kaggle yang berjudul Lazada Indonesian Reviews. Data yang di download dalam bentuk file rar yang di dalamnya terdapat beberapa file Excel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data review produk Lazada berbahasa Indonesia pada tahun 2019 yang terdiri dari 203.787 ulasan. Variabel yang digunakan yaitu Rating yaitu penilaian pembeli terhadap produk yang sudah dibeli, penilaian ini berupa bintang yang bernilai 1 sampai dengan 5 dan Review yaitu deskripsi isi ulasan pembeli terhadap produk yang sudah dibeli, bisa berupa kepuasan maupun tidak puas. Hasil dari penelitian diketahui Penilaian dengan rating 5 atau sangat bagus sebanyak 166016 ulasan, penilaian dengan rating 4 atau bagus sebanyak 17567 ulasan, penilaian dengan rating 3 atau rata-rata sebanyak 7073 ulasan, penilaian dengan rating 2 atau buruk sebanyak 3382, dan penilaian dengan rating 1 atau sangat buruk sebanyak 9749 ulasan. Metode klasifikasi Decision Tree lebih baik untuk mengklasifikasi data review produk Lazada. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa rata-rata pembeli puas dengan produk yang ditawarkan di platform Lazada. Visualisasi word cloud ulasan positif banyak yang diberikan adalah “pengiriman cepat”,” sesuai deskripsi”,” terima kasih”,”makasih”, ”sesuai gambar”, ”barang sesuai”, ”mantab”, ”bagus”. Sedangkan pada word cloud ulasan negatif adalah “kecewa”,” mengecewakan”,” rusak”,” jelek”,” kecewa banget.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lazada, review, produk, analisis sentimen, klasifikasi, word cloud Decision Tree, Naïve Bayes
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Dec 2022 01:28
Last Modified: 14 Dec 2022 01:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54172

Actions (login required)

View Item View Item