PERAN MEDIASI KOMITMEN AFEKTIF PADA HUBUNGAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT Tri Eka Investama Makmur)


Indah Rini Khimawati, 7311417139 (2021) PERAN MEDIASI KOMITMEN AFEKTIF PADA HUBUNGAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT Tri Eka Investama Makmur). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN MEDIASI KOMITMEN AFEKTIF PADA HUBUNGAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT Tri Eka Investama Makmur)] PDF (PERAN MEDIASI KOMITMEN AFEKTIF PADA HUBUNGAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT Tri Eka Investama Makmur)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja karyawan merupakan pencapaian tugas dimana karyawan dalam bekerja harus sesuai dengan prosedur kerja organisasi untuk menunjukkan tingkat kinerja organisasi dalam mencapai tujuan organisasi. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu persepsi dukungan organisasi dan komitmen afektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi komitmen afektif pada hubungan persepsi dukungan organisasi terhadap kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah karyawan bagian produksi PT Tri Eka Investama Makmur. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebesar 130 karyawan. Metode analisis data menggunakan uji persamaan struktural dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dukungan organisasi berpengaruh positif signifikan pada kinerja karyawan dan komitmen afektif. Selain itu komitmen afektif memediasi hubungan persepsi dukungan organisasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi dukungan organisasi dapat meningkatkan kinerja karyawan dan komitmen afektif dapat memediasi hubungan persepsi dukungan organisasi terhadap kinerja karyawan. Saran untuk karyawan bagian produksi yaitu untuk dapat meningkatkan kualitas kerja sehingga dapat menghasilkan target (kuantitas) yang diharapkan oleh organisasi. Selain itu karyawan diharapkan dapat memperhatikan tingkat kehadiran karena dapat mempengaruhi kuantitas kerja yang dihasilkan. Saran untuk perusahaan yaitu untuk mengadakan pelatihan keterampilan yang sesuai dengan bagiannya masingmasing serta memberikan sosialisasi agar karyawan dapat meminimalir terjadinya absen kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Dukungan Organisasi, Komitmen Afektif, Kinerja Karyawan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Dec 2022 01:06
Last Modified: 14 Dec 2022 01:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54169

Actions (login required)

View Item View Item