PENGARUH FIRM CHARACTERISTICS, FIRM AGE, TOP MANAGEMENT EXPERIENCE DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)


SITI NURROHMAH, 7311417135 (2021) PENGARUH FIRM CHARACTERISTICS, FIRM AGE, TOP MANAGEMENT EXPERIENCE DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FIRM CHARACTERISTICS, FIRM AGE, TOP MANAGEMENT EXPERIENCE DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)] PDF (PENGARUH FIRM CHARACTERISTICS, FIRM AGE, TOP MANAGEMENT EXPERIENCE DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Struktur Modal merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, karena baik buruknya struktur modal akan memberikan efek langsung terhadap posisi keuangan perusahaan. Setiap perusahaan dalam melakukan pertumbuhan dan perkembangan bisnisnya memerlukan pendanaan struktur modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah profitability, firm size, tangibility, firm age, board size, board independence, dan CEO duality berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor Miscellanceaus Industry atau Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 28 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 140 yang menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemilihan model estimasi data panel dengan menggunakan eviews, analisis regresi dengan pendekatan fixed effect model dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitability, top management experience berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, board size, board independence board berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan firm size, tangibility, firm age, CEO duality berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal. Simpulan dalam penelitian ini yaitu profitability, top management experience board size, board independence berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, namun firm size, tangibility, firm age, CEO duality berpengaruh tidak signifikan terhadap struktur modal. Penelitian selanjutnya disarankan dapat menggunakan proksi lain seperti DAR, untuk mengetahui konsistensi hasil jika proksi yang digunakan berbeda. Kemudian penelitian selanjutnya juga dapat menguji sektor lain dengan periode penelitian yang lebih panjang mengenai struktur modal perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Profitability, Firm Size, Tangibility, Firm Age, Top Management Experience, Goood Corporate Governance
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:28
Last Modified: 13 Dec 2022 07:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54160

Actions (login required)

View Item View Item