PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP N 1 UNGARAN KELAS 8 TAHUN AJARAN 2020/2021


Tasya Wilhelmina, 3601417051 (2021) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP N 1 UNGARAN KELAS 8 TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417051 - Tasya Wilhelmina(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SMP N 1 Ungaran merupakan salah satu sekolah yang berprestasi di bidang akademik maupun akademik di Kabupaten Semarang. Selama pembelajaran daring masa pandemi covid-19 siswa kelas VIII di SMP N 1 Ungaran selama pelaksanaan pembelajaran daring tetap aktif mengikuti pembelajaran, selalu mengumpulkan tugas dengan tepat waktu, lingkungan sekitar siswa mendukung pelaksanaan pembelajaran daring, serta guru IPS mampu memberikan pembelajaran yang menarik bagi siswanya. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguraikan persepsi siswa tentang pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS, dan (2) menguraikan pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran daring terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ex-post facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Ungaran. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ungaran, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment, serta uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang pembelajaran daring mata pelajaran IPS terhadap motivasi belajar di kelas VIII SMP Negeri 1 Ungaran. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah perlu memperhatikan bagaimana persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring agar lebih mengetahui metode yang tepat untuk pelaksanaan pembelajaran, bagi siswa adalah dapat meningkatkan keaktifan belajar baik secara mandiri maupun saat pelaksanaan pembelajaran agar dapat memahami materi dengan baik, bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan faktor-faktor lain yang mempengaruhi persepsi siswa tentang pembelajaran daring untuk diteliti misalnya kedisiplinan siswa, ataupun faktor lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > LB Theory and practice of education > Distance Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:49
Last Modified: 13 Dec 2022 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54157

Actions (login required)

View Item View Item