MPLEMENTASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU IPS DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MTS N BATANG KABUPATEN BATANG
Chalimatul Sakdiyah, 3601417039 (2021) MPLEMENTASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU IPS DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MTS N BATANG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kompetensi kepribadian guru sangat penting dalam proses pembelajaran karena guru merupakan seorang teladan yang banyak ditiru oleh peserta didiknya. Untuk itu kompetensi guru tetap harus diimplementasikan dalam keadaan apapun termasuk dalam proses pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendalami proses implementasi kompetensi kepribadian guru IPS di MTs N Batang selama pembelajaran jarak jauh, (2) mengetahui kendala yang muncul dalam proses implementasi kompetensi kepribadian guru IPS di MTs N Batang selama pembelajaran jarak jauh, (3) mengetahui solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam proses implementasi kompetensi kepribadian guru IPS MTs N Batang selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Uji keabsahan dalam penelitian ini mengunakan triangulasi dan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) proses implementasi kompetensi kepribadian guru IPS di MTs N Batang tetap dilaksanakan namun disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan. Guru IPS menjalankan kewajibannya kepada peserta didik yang termuat dalam kode etik guru Indonesia pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung dan di luar KBM yaitu ketika peserta didik mengumpulkan tugas, (2) kendala yang muncul dalam proses implementasi kompetensi kepribadian guru IPS di MTs N Batang disebabkan oleh adanya adaptasi baru dalam proses pembelajaran yang berlangsung dimana teknologi adalah kebutuhan vital untuk menunjang pembelajaran. Selain itu adanya keterbatasan interaksi dan komunikasi menjadikan proses implementasi tersebut kurang optimal, (3) kendala yang muncul dalam proses implementasi kompetensi kepribadian guru IPS harus ditangani agar tidak menimbulkan masalah yang semakin luas. Dalam penanganan kendala tersebut, guru IPS bersinergi dengan berbagai pihak di sekolah. Karena kendala yang muncul dalam implementasi kompetensi kepribadian tersebut juga berkaitan dengan permasalahan umum dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Untuk itu upaya penanganannya harus melibatkan banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian, Pembelajaran Jarak Jauh, IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > Distance Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 06:41 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 06:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54155 |
Actions (login required)
View Item |