ANALISIS NILAI- NILAI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KANDRI KECAMATAN GUNUNGPATI SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 22 SEMARANG


Nurul Alfiyanti, 3601417023 (2021) ANALISIS NILAI- NILAI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KANDRI KECAMATAN GUNUNGPATI SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 22 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417023 - Nurul Alfiyanti(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kearifan lokal merupakan gagasan nilai-nilai yang bersifat bijaksana yang berkembang didalam anggota masyarakat. Namun, kearifan lokal mulai tergerus oleh perkembangan zaman terutama pada generasi muda yang tidak mengenal kearifan lokal. Pendidikan melalui pembelajaran di sekolah dapat menjadi media transfer nilai-nilai kebudayaan pada generasi penerus salah satunya dengan memanfaatkan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber belajar IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat pada masyarakat Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati (2) menganalisis nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kandri yang dapat menjadi alternatif sumber belajar IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati dan SMP N 22 Semarang. Subjek penelitian ini adalah Lurah dan Sekretaris Lurah Kandri, Masyarakat Kandri, Guru IPS dan peserta didik SMP N 22 Semarang. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai- nilai kearifan lokal yang terdapat pada masyarakat Kandri Kecamatan Gunungpati diantaranya yaitu nilai gotong royong, nilai religi, nilai kreativitas, nilai peduli lingkungan, nilai tanggungjawab, dan nilai seni. Beberapa materi IPS dan Kompetensi Dasar memiliki kecocokan dengan nilai- nilai kearifan lokal masyarakat Kandri dan dapat menjadi alternatif sumber belajar IPS berupa pesan informasi tentang nilainilai kearifan lokal masyarakat Kandri di SMP N 22 Semarang. Saran dari peneliti, (1)guru dapat memanfaatkan nilai-nilai kearifan lokal khususnya pada masyarakat Kandri sebagai sumber belajar IPSuntuk peserta didik SMP N 22 Semarang guna memperkenalkankearifan lokal kepada generasi muda dan dapat memasukan nilai-nilai kearifan lokal kedalam RPP (2)guru IPS di sekolah-sekolah lain dapat meanfaatkan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat sekitar sebagai sumber belajar agar siswa dapat mengenal kearifan lokal dilingkungan sekitar (3) perlu adanya partisipasi dari berbagai pihak seperti pemerintah serta masyarakat untuk mendukung dan mewujudkan pemanfaatan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, Nilai, Sumber Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Local Wishdom
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:18
Last Modified: 13 Dec 2022 06:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54151

Actions (login required)

View Item View Item