PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SECARA DARING PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 38 SEMARANG


BINTANG SALAM, 3601417018 (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SECARA DARING PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 38 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417018 - Bintang Salam(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap hasil belajar adalah lingkungan keluarga dan minat belajar. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP N 38 Semarang yaitu siswa kelas VII memiliki lingkungan keluarga yang berbeda-beda baik dari segi ekonomi, perhatian orangtua, hubungan antar anggota keluarga dan latar belakang kebudayaan. Selama pembelajaran daring keikutsertaan siswa kelas VII dalam pembelajaran IPS juga sangat kurang, siswa jarang mengumpulkan tugas, tidak mengikuti ujian, dan pasif saat pembelajaran berlangsung. Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS secara signifikan pada siswa kelas VII di SMP N 38 Semarang, baik secara parsial ataupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda. Populasi pada penelitian ini berjumlah 198 siswa dengan sampel yang diambil sebesar 78 siswa kelas VII A-F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP N 38 Semarang, dengan sumbangan pengaruh sebesar 47,8%, 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP N 38 Semarang, dengan sumbangan pengaruh sebesar 16,6%, 3) terdapat pengaruh yang signifikan anatara lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP N 38 Semarang, dengan sumbangan pengaruh sebesar 52,6%. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP N 38 Semarang, baik secara parsial maupun simultan. Bertitik tolak pada hasil penelitian maka orang tua hendaknya memberikan perhatian dan bimbingan belajar kepada anak dirumah, serta menciptakan suasana rumah yang nyaman dan kondusif. Guru juga perlu memberikan motivasi kepada siswa dan menciptakan pembelajaran yang menarik agar siswa memiliki minat belajar yang tinggi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment
L Education > L Education (General) > Development of Child
L Education > L Education (General) > Interest to Learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:13
Last Modified: 13 Dec 2022 06:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54150

Actions (login required)

View Item View Item