PENGEMBANGAN APLIKASI GO SOCIAL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI KEDATANGAN BANGSA-BANGSA BARAT KE INDONESIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 SEMARANG


DIAN TRIHARTINI, 3601417016 (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI GO SOCIAL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI KEDATANGAN BANGSA-BANGSA BARAT KE INDONESIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417016 - Dian Trihartini(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat digunakan siswa untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Adanya pandemi covid-19 mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah, oleh karena itu inovasi media pembelajaran yang menggunakan banyak aspek visual akan lebih membantu dibandingkan narasi teks saja. Berdasarkan analisis kebutuhan awal yang dilakukan di SMP Negeri 11 Semarang menunjukkan bahwa masih banyak guru yang kurang optimal dalam penggunaan media pembelajaran IPS. Media pembelajaran yang digunakan masih sebatas video dari youtube dan memanfaatkan alam sekitar, belum menggunakan media pembelajaran yang up to date. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran IPS berupa aplikasi go social berbasis android pada materi kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia kelas VIII dan untuk mengetahui kelayakan dari produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII G SMP Negeri 11 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis isi pembelajaran dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi go social berbasis android sebagai media pembelajaran IPS mendapatkan persentase penilaian dari ahli materi sebesar 89,41% dengan kriteria sangat layak, penilaian dari ahli media sebesar 86,66% dengan kriteria sangat layak, dan dari angket respon siswa mendapat rata-rata sebesar 97,32% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa aplikasi go social berbasis android layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPS materi kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Go Social, Media Pembelajaran, Android, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:07
Last Modified: 13 Dec 2022 06:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54149

Actions (login required)

View Item View Item