PENANAMAN NILAI KARAKTER DAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 2 BLORA
Arya Sena Nugraha, 3601417014 (2021) PENANAMAN NILAI KARAKTER DAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 2 BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai prilaku yang berhubungan dengan tuhan, diri sendiri, sasama manusia, lingkungan dan bangsa yang berkaitan dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Pendidikan multikultural merupakan pendidikan yang memfokuskan pada latar belakang siswa baik dari aspek ras, keragaman suku, budaya, dan agama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran IPS dan sarana penunjang untuk menanamkan nilai karakter dan multikultural pada siswa SMP Negeri 2 Blora. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Blora menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berasal dari informan, peristiwa/fenomena dan dokumentasi yang mendukung penelitian. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi dan teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik interaktif dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data hingga penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai karakter dan multikultural dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS dengan pengintegrasian materi-materi yang mengandung muatan nilai karakter dan nilai multikultural di dalamnya. Penanaman nilai karakter dan multikultural dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Blora melalui kegiatan belajar mengajar seperti kerja kelompok, memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran, serta nilai karakter yang ditanamkan dalam pembelajaran IPS diambil dari nilai utama dalam program program Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter dan untuk nilai multikultural berpedoman langung pada nilai toleransi, kesamaan/ kesetaraan, kekerabatan/ persaudaraan, persatuan dan keadilan. Penanaman nilai karakter dan multikultural didukung dengan adanya sarana penunjang dalam penanaman tersebut, yakni dilaksanakan dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah yang berkaitan secara langsung dengan peserta didik dan membantu dalam proses penanaman nilai karakter dan multikultural di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Karakter, Pendidikan Multikultural. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 06:03 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 06:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54148 |
Actions (login required)
View Item |