PENGARUH MANAGERIAL ABILITY TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)


Iva Rindayani, 7311417133 (2021) PENGARUH MANAGERIAL ABILITY TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MANAGERIAL ABILITY TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)] PDF (PENGARUH MANAGERIAL ABILITY TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

kebijakan dividen, yang merupakan trade-off apakah akan membagikan laba perusahaan sebagai dividen kepada pemegang saham atau akan menahannya dalam bentuk laba ditahan untuk pertumbuhan perusahaan. Dividen merupakan salah satu kebijakan penting dalam perusahaan yang membuat perusahaan enggan untuk melakukan pemotongan karena adanya efek sinyal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh managerial ability terhadap kebijakan dividen. Peneliti mengambil objek perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria pengambilan sampel yang telah ditetapkan, diperoleh 77 perusahaan dengan periode penelitian selama 5 tahun (2015-2019), sehingga diperoleh total observasi sebanyak 217 pengamatan. Hasil uji model menunjukkan bahwa model estimasi data panel terbaik adalah random effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif tidak signifikan managerial ability terhadap kebijkaan dividen pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Simpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel managerial ability dengan kebijakan dividen. Semakin cakap seorang manajer dalam perusahaan tidak menjamin bahwa rasio pembayaran dividen akan semakin rendah, begitupun sebaliknya. Saran penelitian di masa depan, penelitian ini menggunakan proksi MA-Score untuk mengukur variabel managerial ability, sebaiknya penelitian selanjutnya menggunakan proksi atau indikator lain untuk mengukur managerial ability selain MA-Score untuk melihat pengaruhnya pada kebijakan dividen serta dapat menambah variabel bebas lain yang berpengaruh terhadap kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Managerial Ability dan Kebijakan Dividen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:23
Last Modified: 13 Dec 2022 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54139

Actions (login required)

View Item View Item