PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KETERIKATAN KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI KARYAWAN PT. BPR SURYA YUDHAKENCANA KANTOR PUSAT BANJARNEGARA


Tengku Wildan Luthfi Fuadi, 7311417131 (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KETERIKATAN KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI KARYAWAN PT. BPR SURYA YUDHAKENCANA KANTOR PUSAT BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KETERIKATAN KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI KARYAWAN PT. BPR SURYA YUDHAKENCANA KANTOR PUSAT BANJARNEGARA] PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KETERIKATAN KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI KARYAWAN PT. BPR SURYA YUDHAKENCANA KANTOR PUSAT BANJARNEGARA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keterikatan karyawan merupakan sikap karyawan yang terlibat positif dan bersikap energik untuk terikat penuh dengan pekerjaannya dengan dibuktikan adanya semangat kerja yang tinggi, berdedikasi, dan penyerapan pada pekerjaannya yang dapat membuat antusias dalam bekerja. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa karyawan PT. BPR Surya Yudhakencana Banjarnegara memiliki keterikatan karyawan rendah. Keterikatan karyawan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kepemimpinan melayani, motivasi kerja, dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh,kepemimpinan melayani dan motivasi kerja terhadap keterikatan karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Dengan populasi dalam penelitian ini yaitu Karyawan PT. BPR Surya Yudhakencana Banjarnegara sebanyak 80 Karyawan dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu dengan seluruh populasi yang ada yang berjumlah 80 responden. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, inner model, dan outer model menggunakan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan melayani memiliki pengaruh signifikan terhadap keterikatan karyawan dan kepuasan kerja. Namun demikian, motivasi kerja tidak signifikan terhadap keterikatan karyawan dan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Di samping itu, pengaruh kepuasan kerja mampu memediasi pengaruh hubungan antara kepemimpinan melayani dan motivasi kerja terhadap keterikatan karyawan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kepemimpinan melayani dan kepuasan kerja dapat meningkatkan keterikatan karyawan. Sedangkan motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterikatan karyawan. Selain itu, kepuasan kerja memiliki pegaruh mediasi dalam hubungan kepemimpinan melayani dan motivasi kerja terhadap keterikatan karyawan. Saran untuk karyawan PT. BPR Surya Yudhakencana yaitu berani untuk menyampaikan aspirasi kepada perusahaan sesuai prosedur dan menjalin hubungan yang baik dengan pimpinan maupun rekan kerja. Saran untuk PT. BPR Surya Yudhakencana yaitu menyediakan fasilitas kerja yang memadai, pemberian bonus bagi karyawan yang berpestasi, menaikkan gaji karyawan sesuai aturan dan promosi jabatan bagi karyawan yang sesuai kualifikasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Melayani, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Keterikatan Karyawan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:07
Last Modified: 13 Dec 2022 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54136

Actions (login required)

View Item View Item