POLA PERILAKU PEMANFAATAN JAMU UNTUK KESEHATAN REPRODUKSI PEREMPUAN (Studi di Kampung Wonolopo Kecamatan Mijen Kota Semarang)


Alda Afrilia Shandi, 3401417065 (2021) POLA PERILAKU PEMANFAATAN JAMU UNTUK KESEHATAN REPRODUKSI PEREMPUAN (Studi di Kampung Wonolopo Kecamatan Mijen Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401417065 - Alda Afrilia Shandi(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perempuan mempunyai fungsi sistem reproduksi yang lebih kompleks dibandingkan laki-laki, perempuan memerlukan perawatan untuk menjaga kesehatan reproduksi, salah satunya dengan mengonsumsi jamu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui apa saja produk jamu tradisional untuk kesehatan reproduksi perempuan yang diproduksi Kampung Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. 2) Mengetahui bagaimana pengetahuan masyarakat tentang jamu untuk kesehatan reproduksi perempuan. 3) Mengetahui perilaku pemanfaatan konsumen dalam mengkonsumsi jamu untuk kesehatan reproduksi perempuan di Kampung Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pemilihan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekkan keabsahan data penggunakan triangulasi data. Penelitian ini menggunakan konsep analisis data perilaku kesehatan Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 5 produk jamu yang mempunyai manfaat untuk kesehatan reproduksi perempuan yang diproduksi di Kampung Wonolopo yaitu, beras kencur, kunyit asem, gula asem, sirih manjakani, dan wejahan dan 6 tingkat pengetahuan informan yang terdiri dari tahu, memahami, mengonsumsi, menganalisis pola konsumsi, memahami kandungan, dan memberikan penilaian ketika mengonsumsi/tidak mengonsumsi, serta pola konsumsi kesehatan reproduksi perempuan yang meliputi masa menstruasi, masa menikah, masa setelah melahirkan dan masa monopause dengan setiap pola konsumsi dan pemanfaatan jamu berbeda

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jamu, Kesehatan Reproduksi, Pola Perilaku
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:32
Last Modified: 13 Dec 2022 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54133

Actions (login required)

View Item View Item