RESPON DAN STRATEGI GURU TERHADAP POLA PERILAKU BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN BIMBINGAN BELAJAR ONLINE DI SMA N 1 SIMO BOYOLALI


Cindy Dita Sari, 3401417037 (2021) RESPON DAN STRATEGI GURU TERHADAP POLA PERILAKU BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN BIMBINGAN BELAJAR ONLINE DI SMA N 1 SIMO BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401417037 - Cindy Dita Sari(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di Indonesia pada beberapa tahun terakhir ini mengalami perubahan. Pemanfaatan internet dan penggunaan teknologi dapat memudahkan dalam kegiatan belajar. Salah satunya yaitu adanya bimbingan belajar online yang dapat digunakan dimana dan kapan saja. Penggunaannya yang praktis mendorong siswa untuk berlangganan. Jenis bimbingan belajar online yang digunakan oleh siswa SMA N 1 Simo yaitu Quipper dan Ruangguru. Penggunaan bimbingan belajar online berkaitan dengan perilaku belajar siswa yang dikaji dengan teori habitus oleh Pierre Bourdieu. Perilaku belajar siswa yang menggunakan bimbingan belajar online terinternalisasi dan ditunjukkan pada kegiatan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui alasan siswa SMA N 1 Simo menggunakan bimbingan belajar online, 2) mengetahui perilaku belajar siswa SMA N 1 Simo yang menggunakan bimbingan belajar online, 3) mengetahui respon dan strategi guru terhadap perilaku belajar siswa SMA N 1 Simo yang melakukan bimbingan belajar online selama pembelajaran jarak jauh. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan sejak 26 Januari 2021 sampai 20 Maret 2021. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan 17 informan sebagai narasumber yang terdiri atas 1 informan kunci, 13 informan utama dan 3 informan pendukung. Hasil penelitian didapatkan 1) Alasan siswa SMA N 1 Simo menggunakan bimbingan belajar online yaitu, adanya kerjasama pihak bimbingan belajar online dengan sekolah, iklan di media sosial yang menarik, peran orang tua siswa, dan pertimbangkan tujuan dan manfaat. 2) Dampak perilaku belajar yang baik ditunjukkan oleh siswa didorong oleh habituasi dari bimbingan belajar yang diikuti yaitu dengan adanya sistem level, rangking dan rapor yang membuat siswa bersaing,dan mampu meningkatkan prestasi akademik.3) Respon guru terhadap perilaku belajar siswa yaitu dengan memberikan dukungan dan respon yang positif. Sedangkan strategi yang dilakukan guru yaitu melakukan home visit terhadap siswa yang bermasalah, penggunaan media quipper school, dan pemilihan strategi pembelajaran inovatif pada pembelajaran di kelas agar siswa lebih aktif. Saran yang dapat diajukan yaitu perlu dilakukan strategi yang lebih spesifik dalam mengatasi perilaku belajar siswa. Serta bagi guru perlu dilakukan pelatihan terkait pembelajaran daring yang lebih inovatif pada masa pandemi Covid-19, agar siswa tidak mudah bosan dengan pembelajaran jarak jauh. perlu berkaca pada sistem pada bimbingan belajar online sebagai acuan model pembelajaran yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Respon, Strategi, Bimbingan Belajar Online, Perilaku Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Education System
L Education > LB Theory and practice of education > Distance Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 13 Dec 2022 01:58
Last Modified: 13 Dec 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54127

Actions (login required)

View Item View Item