PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR ALAM AULIYA KENDAL
Dewi Ismi Maulida, 3401416018 (2021) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR ALAM AULIYA KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sikap sosial merupakan karakter yang penting ada dalam seorang individu. Sejalan dengan waktu karakter tersebut mulai luntur akibat semakin majunya teknologi menjadikan manusia lebih merasa membutuhkan bantuannya daripada bantuan individu lain. Hal tersebut membuat interaksi antar manusia semakin berkurang, maka kemampuan diri dalam bersosialisasi semakin jarang dipergunakan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk terus mengembangkan kemampuan bersikap dalam lingkungan sosial salah satunya dimulai dengan memberikan pendidikan karakter sejak usia dini yaitu pada jenjang sekolah dasar. Maka peran guru disini cukup penting karena guru yang mempunyai tanggung jawab dalam merubah perilaku siswa menjadi lebih baik melalui pendidikan di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui peran guru dalam mengembangkan sikap sosial 2) mengetahui apa saja sikap sosial yang dikembangkan 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam mengembangkan sikap sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Lokasi penelitian..ini berada di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal dimana penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan sikap sosial pada siswa Uji Validitas data didapat dengan menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan tahap-tahap yaitu tahap pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teori yang digunakan yaitu Teori Peran David Berry dan Fungsionalisme Struktural Talcott Parson. Hasil penelitian didapatkan 1) 1) Peran guru dalam mengembangkan sikap sosial pada siswa dilakukan dengan memberikan keteladan, pembiasaan, juga memberikan sanksi dan hadiah bagi siswa yang melaksanakan dan melanggar perintah dari guru 2) Sikap sosial yang dikembangkan di sekolah antara lain sikap peduli sosial, sikap cepat tanggap, dan kasih sayang 3) Faktor pendukung dalam mengembangkan sikap sosialnya yaitu guru yang baik, lingkungan yang mendukung, dan minat yang tinggi. Selain itu faktor penghambatnya adalah karakter guru dan siswa yang berbeda, juga orang tua yang kurang komunikatif. Saran yang dikemukakan yaitu 1) Bagi sekolah agar semakin memfasilitasi agar kegiatan pembelajaran tercapai khususnya pada pengembangan sikap sosial 2) Bagi guru semakin menambah kreatifitas dan semangat agar lebih baik dan menjadi contoh bagi siswa 3) Bagi siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan mematuhi peraturan sekolah, guru, dan orang tua.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Pengembangan Sikap Sosial, Sekolah Alam. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 01:13 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 01:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54119 |
Actions (login required)
View Item |