PERAN MEDIASI ORGANIZATIONAL COMMITMENT PADA HUBUNGAN WORK-LIFE BALANCE DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR


Hanum Febby Eriyanti, 7311417111 (2021) PERAN MEDIASI ORGANIZATIONAL COMMITMENT PADA HUBUNGAN WORK-LIFE BALANCE DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN MEDIASI ORGANIZATIONAL COMMITMENT PADA HUBUNGAN WORK-LIFE BALANCE DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR] PDF (PERAN MEDIASI ORGANIZATIONAL COMMITMENT PADA HUBUNGAN WORK-LIFE BALANCE DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan WLB pada OCB melalui OC sebagai mediasi. Kerelaan karyawan untuk melakukan pekerjaan melebihi deskripsi pekerjaan yang telah diberikan oleh atasan disebut dengan kinerja ex-role dan hal tersebut berkaitan dengan organizational citizenship behavior (OCB). OCB dapat mempengaruhi kinerja dan efektivitas organisasi sehingga termasuk salah satu yang berarti dalam penelitian manajemen dan bisnis. OCB memiliki hubungan yang positif dengan beberapa faktor seperti work-life balance (WLB) dan organizational commitment (OC). Responden yang digunakan pada penelitian ini yaitu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah 86 karyawan. Metode analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WLB memiliki hubungan yang positif dan signifikan pada OCB. WLB memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap OC. OC juga terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada OCB. Selain itu, OC terbukti mampu memediasi hubungan antara WLB dan OCB. Jadi, karyawan yang memiliki keseimbangan pekerjaan dan kehidupan maka akan meningkatkan perilaku OCB dan pengaruhnya akan lebih kuat ketika karyawan memiliki OC. Simpulan penelitian ini yaitu WLB dan OC mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan OCB. Selain itu, OC dapat mediasi hubungan antara WLB dan OCB. Saran teoritis untuk penelitian selanjutnya adalah mengembangkan variabel bebas selain WLB dan OCB serta memilih responden dari sektor selain organisasi publik. Untuk instansi terkait diharapkan melakukan pelatihan dan memberikan apresiasi atau pujian untuk karyawan yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Work-Life Balance, Organizational Citizenship Behavior, Organizational Commitment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Dec 2022 00:57
Last Modified: 13 Dec 2022 00:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54113

Actions (login required)

View Item View Item