POLA KADERISASI ORGANISASI EKSTRA KAMPUS (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat FISIP UIN Syarif Hidayatullah Cabang Ciputat)


Anggian Nurtanto, 3312417059 (2021) POLA KADERISASI ORGANISASI EKSTRA KAMPUS (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat FISIP UIN Syarif Hidayatullah Cabang Ciputat). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312417059 - Anggian Nurtanto(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kaderisasi merupakan hal penting dalam organisasi, terutama organisasi perkaderan seperti Himpunan Mahasiswa Islam. Kaderisasi merupakan proses penurunan nilai dari senior ke junior dan menandakan adanya sebuah keberlanjutan dalam sebuah organisasi. Himpuan mahasiswa Islam Komfisip UIN Syarif Hidayatullah dianggap merupakan salah satu komisariat terbaik yang melakukan kaderisasi dan menghasilkan kader-kader berkualitas. Baik dalam prestasi akademik, non akademik maupunn gerakan politik. Karena keberhasilan tersebut maka penting untuk mengetahui bagaimana pola kaderisasi yang dijalankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pola kaderisasi HMI Komfisip UIN Syarif Hidayatullah Cabang Ciputat? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diuji dengan metode triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang meliputi teknik penyajian data, reduksi data dan kesimpuan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kaderisasi organisasi HMI Komfisip UIN Syarif Hidayatullah terdiri dari 3 fase, yaitu: fase pengenalan, pembentukan dan pengabdian. Dalam fase pengenalan berisi agenda pengenalan ideologi HMI dan rekrutmen anggota, fase pembentukan berisi kegiatan kaderisasi formal, non formal dan informal. Kaderisasi formal memiliki kegiatan terstruktur, sistematis dan berjenjang. Diawali dengan MAPERCA dan Latihan Kader 1 kemudian dilanjut dengan follow up dan upgrading. Kaderisasi non formal terdiri dari kegiatan minat bakat seperti pelatihan menulis, debat, sekolah kepemimpinan, diskusi (study club), akademi insan cita serta rekreasi dan olahraga. Sedangkan kaderisasi informal bersifat pembangunan kualitas SDM berdasarkan rasa kekeluargaan disertai dengan manajemen organisasi. Fase pengabdian dilakukan oleh alumni HMI yang tergabung dalam KAHMI. Metode yang sering dilakukan dalam proses kaderisasi adalah ceramah dan diskusi. Saran bagi mahasiswa untuk terlibat kegiatan kaderisasi organisasi ekstra kampus, bagi pengurus HMI adalah untuk meningkatkan rasa bonding kekeluargaan dalam melaksanakan kegiatan kaderisasinya. Bagi anggota adalah untuk selalu aktif dalam mengikuti kegiatan pengkaderan. Bagi aktifis untuk berkolaborasi kegiatan dan bagi pemerintah untuk memberikan dukungan moril dan materil dalam kegiatan kaderisasi organisasi ekstra kampus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kaderisasi, Organisasi Ekstra Kampus, Himpunan Mahasiswa Islam
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Community
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Islamic Value
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 13 Dec 2022 00:40
Last Modified: 13 Dec 2022 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54108

Actions (login required)

View Item View Item