PENGARUH TERPAAN KONTEN POLITIK MEDIA DIGITAL (ASUMSICO DAN TIRTOID) TERHADAP PARTISIPASI POLITIK GENERASI MILENIAL PADA PEMILIHAN UMUM PILPRES 2019 DI DKI JAKARTA


Addrian Dwi Pangestu, 3312417033 (2021) PENGARUH TERPAAN KONTEN POLITIK MEDIA DIGITAL (ASUMSICO DAN TIRTOID) TERHADAP PARTISIPASI POLITIK GENERASI MILENIAL PADA PEMILIHAN UMUM PILPRES 2019 DI DKI JAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312417033 - addrian pngstu(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi politik dalam negara yang menganut paham demokrasi seringnya dijadikan salah satu tolak ukur demokrasi pada suatu negara berjalan dengan sehat, terlebih partisipasi yang dilakukan pada rentang umur yang potensial seperti pada generasi milenial, dibuktikan dalam setiap pelaksanaan pemilihan umum pemilih muda atau gemerasi milenial selalu dijadikan sasaran penting dalam kampanye partai politik atau calon kepala daerah karena persentase mereka yang besar. Namun yang menjadi permasalahan adalah minat generasi milenial terhadap topik politik baik nasional maupun internasional masih minim, media digital sebagai saluran yang paling esensial untuk generasi milenial juga memiliki permasalahan yang serupa, minat generasi milenial mengakses topik politik pada media digital cenderung rendah, sehingga perlu adanya strategi yang dibuat oleh media digital agar dapat meningkatkan gairah milenial terhadap topik politik. Untuk itu penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat generasi milenial untuk berpartisipasi politik dengan menggunakan terpaan konten politik sebagai faktor yang memprediksi adanya tindakan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitaif dengan model regresi sederhana dan MRA dengan bantuan aplikasi SPSS. Sempel yang digunakan sebanyak 175 responden dengan kriteria merupakan generasi milenial (1999-1984), ber KTP DKI dan juga mengikuti media digital Asumsi dan Tirtoid. Hasilnya menunjukan adanya pengaruh terpaan konten politik media digital terhadap partisipasi politik milenial di DKI Jakarta pada Pilpres 2019, dan dengan hadirnya moderasi pengetahuan politik dan kepercayaan politik dalam penelitian ini menghasilkan adanya penguatan pengaruh dari terpaan konten politik terhadap partisipasi milenial. Karena terdapat keterbatasan dalam penelitian ini, sehingga diharapkan terdapat perbaikan dalam penelitian selanjutkan agar semakin meningkat baik kualitas dan tingkat kredibelitas penelitian yang dilakukan, sehingga peneliti membuat beberapa saran yang dapat dilaksanakan meliputi: (1) Menggunakan lingkup penelitian yang lebih luas; (2) Melibatkan partisipasi politik masyarakat dalam bentuk Online; (3) Mengembangkan dengan menggunakan metode kualitatif; (4) Melakukan perluasan objek penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Generasi Milenial, Media digital, Pengaruh, Partisipasi politik, , Pilpres 2019, Terpaan Konten Politik.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 13 Dec 2022 00:24
Last Modified: 13 Dec 2022 00:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54104

Actions (login required)

View Item View Item