PENGARUH KONEKSI POLITIK DAN KORUPSI TERHADAP CASH HOLDING (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2015 – 2019)


Eli Widhayana, 7311417102 (2021) PENGARUH KONEKSI POLITIK DAN KORUPSI TERHADAP CASH HOLDING (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2015 – 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KONEKSI POLITIK DAN KORUPSI TERHADAP CASH HOLDING (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2015 – 2019)] PDF (PENGARUH KONEKSI POLITIK DAN KORUPSI TERHADAP CASH HOLDING (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2015 – 2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

cash holding diartikan sebagai kas dan ekuivalen kas yang bisa diubah dengan mudah menjadi uang tunai dan merupakan aset likuid yang memegang peranan penting dalam kegiatan operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh koneksi politik dan korupsi terhadap cash holding perusahaan. cash holding diukur dengan kas dan setara kas dibagi dengan aset bersih. Koneksi politik diukur dengan variabel dummy, bernilai 1 jika terkoneksi politik dan 0 sebaliknya. Korupsi diukur dengan rata-rata jumlah kasus korupsi per 10.000 penduduk setiap provinsi. Variabel kontrol yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, market to book ratio, leverage, tangibility, dan likuiditas. Periode pengamatan dalam penelitian ini yaitu 2015-2019. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, penentuan model estimasi data panel, regresi linear berganda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan E-Views 10. Hasil uji model menunjukan bahwa model estimasi data panel terbaik adalah fixed effect. Hasil penelitian menunjukan bahwa koneksi politik berpengaruh negatif signifikan terhadap cash holding. Korupsi berpengaruh positif signifikan terhadap cash holding. Variabel kontrol ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap cash holding. Selanjutnya, market to book ratio, leverage, tangibility, dan likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap cash holding. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel koneksi politik berpengaruh negatif signifikan terhadap cash holding. Sedangkan korupsi berpengaruh positif signifikan terhadap cash holding. Berdasarkan hasil tersebut saran yang dapat disampaikan yaitu Manajer harus pandai membaca peluang lingkungan yang ada agar dapat bermanfaat dan memberikan keuntungan bagi keberlangsungan perusahaan bukan malah menjadi boomerang bagi perusahaan itu sendiri. bagi investor dapat memberikan gambaran dalam memilih dimana akan menanamkan modalnya. Diharapkan bagi penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain seperti budaya nasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cash Holding, Koneksi Politik, Korupsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Dec 2022 00:45
Last Modified: 13 Dec 2022 00:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54103

Actions (login required)

View Item View Item