Marketing Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DalamMembidik Basis Massa IslamDi Kota Pekalongan Pada Pemilihan Umum Legislatif 2019


Dwiki Nailul Huda, 3312416017 (2021) Marketing Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DalamMembidik Basis Massa IslamDi Kota Pekalongan Pada Pemilihan Umum Legislatif 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312416017 - Dwiki Nailul(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kota Pekalongan selain dikenal dengan Kota Batik juga dikenal dengan label “Kota Santri” setiap menjelang pemilihan umum (pemilu). Hal yang menarik dari pemilu tahun 2004 hingga 2019 adalah PDIP yang kosisten mendapatkan perolehan suara dari setiap periodenya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan/implementasi dan faktor penghambat marketing politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam membidik basis massa islam di Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDIP Kota Pekalongan. Pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Ketua dan kader pengurus DPC PDIP Kota Pekalongan serta pihak ormas dan santri di Kota Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan, Marketing politik yang dilakukan oleh PDIP ialah dengan penerapan 4p+1s berupa Product dengan memperkenalkan Partai, calon anggota legislatif, program. Price dengan memberikan image positif kepada masyarakat. Place dengan melakukan pemetaan politik, Promotion dengan memiliki relasi dan konsolidasi kader yang solid hingga tingkat ranting terbawah dan Segmentation dengan melihat langsung kondisi dan potensi wilayah khususnya setiap dapil. Saran yang diajukan peneliti yaitu, DPC PDIP Kota Pekalongan diharapkan bisa membangun semangat juang kader, mematangkan koordinasi dan memaksimalkan penggunaan media sosial dan platform reklame dijalan raya untuk meningkatkan elektabilitas partai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Marketing Politik, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Basis Massa Islam, Pemilihan Umum.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JQ Political institutions Asia
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:01
Last Modified: 12 Dec 2022 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54093

Actions (login required)

View Item View Item