PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA MELALUI E-VOTE DALAM PEMILIHAN UMUM RAYA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2020


Ayu Lestari, 3301417064 (2021) PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA MELALUI E-VOTE DALAM PEMILIHAN UMUM RAYA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301417064 - ayu lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan umum raya merupakan ajang pesta demokrasi yang diadakan di perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Pemilihan umum raya atau sering disebut Pemira adalah gambaran sistem demokrasi yang diterapkan di Indonesia. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang memiliki kesadaran dalam berpartisipasi politik dalam kegiatan pemilihan umum. Hal tersebut dapat dilihat dari antusias mahasiswa dalam berpartisipasi dalam kegiatan Pemira tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) bagaimana bentuk partisipasi politik mahasiswa melalui E-Vote dalam Pemilihan Umum Raya Fakultas Ilmu Sosial tahun 2020; 2) faktor – faktor yang mempengaruhi partisipasi politik mahasiswa melalui E-Vote dalam Pemilihan Umum Raya Fakultas Ilmu Sosial tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang yang berada di desa Sekarang, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) bentuk – bentuk partisipasi politik yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dalam Pemira tahun 2020 termasuk dalam partisipasi politik aktif, yaitu: mencalonkan diri sebagai kandidat, menjadi panitia Pemira, menggunakan hak suara, diskusi politik informal bersama teman, mengikuti debat kandidat, kampanye, dan bergabung dalam kelompok kepentingan dengan menjadi tim sukses salah satu kandidat; dan 2) faktor – faktor yang mempengaruhi partisipasi politik mahasiswa diklasifikan menjadi dua, yaitu faktor internal dan aktor eksternal. Faktor internal terdiri dari kesadaran dan kepercayaan politik, karakteristik pribadi. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari adanya rangsangan, pengalaman organisasi, dan kondisi lingkungan politik yang kondusif. Saran penulis dalam penelitian ini bagi panitia KPU Fakultas Ilmu Sosial perlu adanya penguatan pemilihan umum raya melalui media sosial seperti Whatsapp dan Instagram serta sosialisasi ke setiap jurusan dengan memanfaatkan aplikasi Zoom guna menjelaskan lebih rinci mengenai Pemira. Bagi mahasiswa, seharusnya mahasiswa ikut berpartisipasi menggunakan hak suaranya dalam Pemira dan dalam bentuk – bentuk partisipasi lainnya seperti diskusi politik, mengikuti kampanye, dan aktif dalam berbagai kegiatan politik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Politik, Mahasiswa, Pemilihan Umum Raya.
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:55
Last Modified: 12 Dec 2022 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54090

Actions (login required)

View Item View Item