Pengaruh Financial Literacy dan Overconfidence Terhadap Keputusan Investasi (Studi Kasus terhadap Investor Saham Komunitas Galeri Investasi di Kota Semarang)


Ervian Tri Prasetyo, 7311417065 (2021) Pengaruh Financial Literacy dan Overconfidence Terhadap Keputusan Investasi (Studi Kasus terhadap Investor Saham Komunitas Galeri Investasi di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Financial Literacy dan Overconfidence Terhadap Keputusan Investasi (Studi Kasus terhadap Investor Saham Komunitas Galeri Investasi di Kota Semarang)] PDF (Pengaruh Financial Literacy dan Overconfidence Terhadap Keputusan Investasi (Studi Kasus terhadap Investor Saham Komunitas Galeri Investasi di Kota Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini jumlah investor pasar modal didominasi oleh kalangan muda milenial tetapi masih banyak milenial yang minim literasi keuangan, sehingga muncul perilaku tidak masuk akal (irasional). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial literacy dan overconfidence terhadap keputusan investasi investor mahasiswa Fakultas Ekonomi atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang memiliki Galeri Investasi di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang memiliki Galeri Investasi di Kota Semarang. Penentuan jumlah sampel minimum menggunakan rumus Lemeshow karena jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui. Jumlah sampel minimum sebesar 97 responden dan jumlah sampel akhir yang digunakan berjumlah 111 responden Investor dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan alat bantu software IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menguatkan hasil penelitian terdahulu bahwa variabel financial literacy dan overconfidence berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Simpulan penelitian ini variabel financial literacy dan overconfidence berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan investasi investor mahasiswa Fakultas Ekonomi atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan pada penelitian yang akan datang dapat menambah variabel independen lain yang belum diteliti seperti endowment, loss aversion, dan self-control yang termasuk dalam kategori emotional bias (Pompian, 2011)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Literacy, Keputusan Investasi, Overconfidence
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:35
Last Modified: 12 Dec 2022 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54081

Actions (login required)

View Item View Item