PENGUATAN KARAKTER SOSIAL DALAM PENDIDIKAN MORAL PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA N 1 PEGANDON


M. Alfian Lutfi, 3301417052 (2021) PENGUATAN KARAKTER SOSIAL DALAM PENDIDIKAN MORAL PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA N 1 PEGANDON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301417052 - Alfian Lutfi(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Karakter sosial adalah karakter atau nilai-nilai yang terbentuk pada diri individu berkaitan dengan bagaimana individu tersebut berhubungan atau berinteraksi dengan masyarakat sehingga tercipta kedamaian dalam berhubungan antara individu satu dengan individu lain dalam masyarakat. Karakter sosial yang terbentuk akan menjadi ciri atau karakteristik individu dalam berinteraksi. Tujuan daripada penelitian ini ialah guna mengetahui penguatan karakter sosial pada pembelajaran jarak jauh serta bagaimana pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap penguatan karakter sosial dalam Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA N 1 Pegandon. Penelitian yang dilakukan termasuk kedalam penelitian campuran dengan pengambilan data melalui metode wawancara yang dilakukan kepada guru mata pelajaran, observasi pembelajaran, serta pertanyaan berupa tanggapan yang diisi oleh responden penelitian yakni siswa SMA N 1 Pegandon Kelas X, XI, dan XII. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya dalam membentuk dan menguatkan karakter sosial dilakukan melalui tiga strategi yakni keteladanan, penekanan nilai, dan pembiasaan sikap. Kemudian diketahui juga bahwasanya dalam penguatan karakter sosial yang dilakukan terdapat home visit yang digunakan guna mengatasi permasalahan yang muncul. Selanjutnya, diketahui juga bahwa pembelajaran jarak jauh membawa pengaruh terhadap kegiatan pembelajaran dengan kemudian muncul kendala sehingga kemudian terdapat penyesuaian kurikulum guna menyesuaikan kondisi pandemi covid-19 ini. Hasil observasi proses pembelajaran pembelajaran yang dilaksanakan di SMA N 1 Pegandon, diperoleh hasil berdasarkan aspek yang dinilai sebagai berikut: Aspek perhatian siswa ialah cukup baik, Aspek keaktifan siswa dalam pembelajaran kurang, Aspek penugasan ialah cukup, dan Aspek berlangsungnya kegiatan pembelajaran ialah sangat baik. Tanggapan siswa yakni berupa sikap terhadap penguatan nilai karakter sosial sebagai berikut: nilai religius termasuk dalam kategori “Sangat tinggi”, nilai kejujuran termasuk dalam kategori “Tinggi”, nilai kerja keras termasuk dalam kategori “Tinggi”, nilai demokratis termasuk dalam kategori “Tinggi”, nilai tanggung jawab termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”, nilai pengorbanan termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”, nilai kemandirian termasuk dalam kategori “Tinggi”. Dengan demikian, meskipun dalam pembelajaran jarak jauh ini terkendala beberapa hal karena keterbatasan tertentu dalam penguatan karakter sosial, namun perilaku dan sikap peserta didik tergolong baik dan sangat baik di dalam dan luar pembelajaran meskipun pengaruh yang dapat diberikan guru berkaitan dengan penguatan karakter sosial lebih rendah bilamana kita bandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter Sosial, Pembelajaran Jarak Jauh, Pendikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Distance Education
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:26
Last Modified: 12 Dec 2022 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54079

Actions (login required)

View Item View Item