PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VIII OLEH GURU PPKN PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 KARANGDOWO


Arifiani Khusnul Khotimah, 3301417040 (2021) PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VIII OLEH GURU PPKN PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 KARANGDOWO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301417040 - Arifiani Khusnul(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Karakter disiplin sudah selayaknya tertanam dalam diri seseorang, dimana seseorang mampu mengendalikan dirinya untuk patuh terhadap berbagai ketentuan dan aturan yang berlaku. Disiplin sangat diperlukan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, untuk menjamin ketercapaian pemenuhan pendidikan di masa Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode penguatan karakter disiplin beserta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penguatan karakter disiplin peserta didik kelas VIII oleh guru PPKn pada pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Karangdowo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini diantaranya Kepala SMP Negeri 1 Karangdowo, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VIII, peserta didik kelas VIII A beserta orang tua/wali. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi, serta analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa metode yang diterapkan guru PPKn dalam penguatan karakter disiplin kelas VIII selama pembelajaran jarak jauh antara lain metode internalisasi, keteladanan, pembiasaan, cerita, nasihat, reward and punishment. Faktor yang mendukung penguatan karakter disiplin peserta didik selama pembelajaran jarak jauh yakni adanya kerja sama antara guru dan orang tua, serta komitmen dari seluruh warga sekolah. Sedangkan faktor yang menghambat pelaksanaan penguatan karakter disiplin selama pembelajaran jarak jauh berasal dari kurangnya respon peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh dan fasilitas penunjang pembelajaran jarak jauh belum optimal. Saran dalam penelitian ini, pihak sekolah dapat memberikan wawasan bagi orang tua mengenai metode penguatan karakter disiplin yang tepat pada anak selama di rumah, sekolah dapat melakukan pendekatan kepada peserta didik yang masih memiliki keterbatasan fasilitas pembelajaran, guru PPKn dapat mengoptimalkan metode penguatan karakter disiplin yang telah dilakukan, guru PPKn harus lebih tegas dalam menegakkan peraturan, serta guru PPKn dapat membuat kontrak belajar bersama peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, disiplin, pembelajaran jarak jauh
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > learning style
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:03
Last Modified: 12 Dec 2022 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54077

Actions (login required)

View Item View Item