ANALISIS PENGARUH MARKET TIMING TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks Kompas 100 Tahun 2020 yang Melakukan IPO Tahun 2012-2017)


Dyah Ayu Rahmawati, 7311417053 (2021) ANALISIS PENGARUH MARKET TIMING TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks Kompas 100 Tahun 2020 yang Melakukan IPO Tahun 2012-2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH MARKET TIMING TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks Kompas 100 Tahun 2020 yang Melakukan IPO Tahun 2012-2017)] PDF (ANALISIS PENGARUH MARKET TIMING TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks Kompas 100 Tahun 2020 yang Melakukan IPO Tahun 2012-2017)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Market timing merupakan sebuah teori dalam struktur modal yang menjelaskan bahwa perusahaan akan menerbitkan saham apabila nilai pasar sedang tinggi. Harga saham mengalami overvaluation, yaitu ketika penilaian saham dari data IPO lebih besar dari nilai sebenarnya, dan akan melakukan pembelian kembali (repurchase) ketika harga saham rendah. Harga saham mengalami undervaluation, yaitu ketika penilaian saham dari data IPO lebih kecil dari nilai sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menemukan bukti pengaruh market timing terhadap struktur modal perusahaan yang terdaftar dalam indeks kompas 100 tahun 2020, yang melakukan IPO tahun 2012-2017. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian asosiatif kausal. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 88 sampel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier data panel. Model estimasi data panel yang digunakan berupa fixed effect model. Penelitian ini menggunakan variabel dependen berupa struktur modal, dan variabel independen berupa market timing, serta variabel kontrol berupa profitability, firm size, dan tangibility. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji asumsi klasik melalui perangkat lunak Eviews9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa market timing memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Saran bagi peneliti selanjutnya, diharapkan memperluas objek penelitian, maka dapat memilih objek lain seperti perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index, sehingga mendapatkan gambaran mengenai penerapan market timing di beberapa sektor perusahaan. Selain itu, Penelitian mendatang diharapkan menggunakan variabel kontrol lainnya, seperti total aset berwujud.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Market Timing, Profitability, Firm Size, Tangibility dan Growth.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:22
Last Modified: 12 Dec 2022 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54070

Actions (login required)

View Item View Item