PERSEPSIONAL EFEKTIVITAS KERJA GURU DI SMA NEGERI 1 LASEM SELAMA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19


Sulthonin Naim, 7311417052 (2021) PERSEPSIONAL EFEKTIVITAS KERJA GURU DI SMA NEGERI 1 LASEM SELAMA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSIONAL EFEKTIVITAS KERJA GURU DI SMA NEGERI 1 LASEM SELAMA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19] PDF (PERSEPSIONAL EFEKTIVITAS KERJA GURU DI SMA NEGERI 1 LASEM SELAMA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 memicu perubahan pada sistem pendidikan dalam bentuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kontak fisik yang terbatas karena keadaan yang tidak mendukung, membuat guru perlu beradaptasi pada sistem kerja yang berubah dan beban kerja yang semakin bertambah sehingga efektivitas kerja selama pandemi dapat dijaga. Efektivitas kerja pada dasarnya merupakan ukuran dan kemampuan individu atau kelompok dalam merealisasikan misi atau tujuan organisasi yang telah ditetapkan dan menjadi target organisasi. Efektivitas kerja penting untuk dimiliki oleh suatu organisasi, sehingga pemahaman mengenai indikator yang menjadi tolok ukur efektivitas kerja sangat penting untuk diperhatikan dan dikelola dengan baik, diantaranya kualitas kerja, kuantitas kerja, pemanfaatan waktu, kepuasan kerja, motivasi, adaptasi, dan beban pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas kerja guru selama pelaksanaan PJJ pada masa pandemi covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Negeri 1 Lasem. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 60 guru. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dengan alat bantu Ms Exel 2013 dan SPSS Statistic 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kerja guru di SMA Negeri 1 Lasem selama PJJ berada pada kategori tinggi dengan hasil ukur setiap indikator yakni kualitas kerja berada pada kategori tinggi, kuantitas kerja berada pada kategori sedang, pemanfaatan waktu berada pada kategori sedang, kepuasan kerja berada pada kategori sedang, motivasi berada pada kategori tinggi, adaptasi berada pada kategori tinggi, dan beban pekerjaan berada pada kategori tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah guru di SMA Negeri 1 Lasem mampu beradaptasi dengan sistem kerja yang berubah, sehingga efektivitas kerja selama PJJ dapat dijaga dengan baik. Namun, masih perlu melakukan peningkatan pada aspek kuantitas kerja, pemanfaatan waktu dan kepuasan kerja sehingga efektivitas kerja dapat dicapai secara maksimal. Saran dari penelitian ini yaitu Kepala sekolah perlu mempertahankan fokus guru dalam bekerja dan meningkatkan motivasi intrinsik dan kemampuan guru, sehingga guru mampu meningkatkan produktivitasnya dan merasa puas atas hasil kerja yang dicapai. Kepala sekolah juga harus melakukan evaluasi secara berkala dan membentuk sistem koordinasi yang lebih kuat dalam mengatasi problematika selama PJJ

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Kerja, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Pandemi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:58
Last Modified: 12 Dec 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54065

Actions (login required)

View Item View Item