PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP VOLATILITAS HARGA SAHAM DENGAN VARIABEL KONTROL UKURAN PERUSAHAAN, VOLATILITAS LABA, DAN LEVERAGE (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR)


Rizkia Duwi Putri, 7311417030 (2021) PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP VOLATILITAS HARGA SAHAM DENGAN VARIABEL KONTROL UKURAN PERUSAHAAN, VOLATILITAS LABA, DAN LEVERAGE (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP VOLATILITAS HARGA SAHAM DENGAN VARIABEL KONTROL UKURAN PERUSAHAAN, VOLATILITAS LABA, DAN LEVERAGE (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR)] PDF (PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP VOLATILITAS HARGA SAHAM DENGAN VARIABEL KONTROL UKURAN PERUSAHAAN, VOLATILITAS LABA, DAN LEVERAGE (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh kebijakan dividen terhadap volatilitas harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2019-2020. Pada penelitian ini, indikator kebijakan dividen yang digunakan ialah dividend yield (DY). Penelitian ini juga meneliti faktor-faktor lain yang diduga berpengaruh terhadap kebijakan dividen maupun volatilitas harga saham, seperti: ukuran perusahaan, volatilitas laba, dan leverage. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan perusahaan. Metode pemilihan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 62 perusahaan dengan total observasi sebanyak 124. Metode analisis yang digunakan ialah regresi berganda, dengan menggunakan alat analisis SPSS 16. Temuan empiris penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan dividen yang diukur dengan menggunakan indikator DY berpengaruh negatif terhadap volatilitas harga saham. Apabila jumlah dividen yang dibayarkan meningkat, maka kemungkinan terjadinya volatilitas harga saham akan menurun, begitu pula sebaliknya. Selanjutnya, untuk variabel kontrol ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap volatilitas harga saham. Selain itu, variabel kontrol volatilitas laba berpengaruh secara positif terhadap volatilitas harga saham. Apabila laba yang dihasilkan oleh suatu perusahaan bersifat konsisten, maka semakin kecil kemungkinan terjadinya volatilitas harga saham. Penelitian ini memiliki nilai Adj R2 sebesar 0.092 dan 0.234. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor lainnya selain variabel bebas dan variabel kontrol yang dapat menjelaskan harga saham. Oleh sebab itu, peneliti memberikan saran bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan variabel lain yang dapat menjelaskan volatilitas harga saham.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Volatilitas Laba, Leverage, dan Volatilitas Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:08
Last Modified: 12 Dec 2022 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54061

Actions (login required)

View Item View Item